Jokowi Sampaikan 3 Aspek Penting untuk Tingkatkan Produksi Kelapa, Catat!

Senin, 22 Juli 2024 – 18:30 WIB
Jokowi Sampaikan 3 Aspek Penting untuk Tingkatkan Produksi Kelapa, Catat! - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Konferensi dan Pameran Internasional COCOTECH Ke-51 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (22/7). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan aspek penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan produksi komoditas kelapa, yaitu kualitas bibit pemeliharaan, dan metode panen.

“Menurut saya, kualitas bibit itu sangat penting. Kedua, pemeliharaan, ketiga metode cara panen,” ujar Jokowi dalam Konferensi Cocotech ke-51 di Surabaya, Senin (22/7).

Jokowi mengatakan para petani kelapa harus memperhatikan kualitas bibit kelapa, termasuk upaya pemeliharaannya karena sering dijumpai adalah bibit hanya ditanam, lalu dibiarkan, dan ketika berbuah baru diambil.

Seharusnya, bibit yang unggul ketika dilakukan pemeliharaan akan menghasilkan kelapa berkualitas dan berjumlah banyak.

“Biasanya kita menanam, dibiarkan, berbuah baru diambil. Tidak ada yang namanya pemeliharaan,” kata dia.

Selain kualitas bibit dan langkah pemeliharaan, kata Jokowi, aspek ketiga yang tak kalah penting adalah metode panen kelapa, yaitu mulai dari kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM), termasuk skill yang dimiliki.

Terlebih, kata Jokowi, Indonesia memiliki lahan seluas 3,8 juta hektare dengan produksi mencapai 2,8 juta ton per tahun sehingga memerlukan metode panen yang tepat, termasuk memperkirakan jumlah SDM yang dibutuhkan untuk memetik kelapa pada pohon tinggi.

“Kalau kita memiliki jutaan pohon kelapa, menyiapkan orang yang memiliki skill untuk memetik kelapa. Kalau kelapanya 20 meter dengan jutaan pohon kelapa berarti berapa orang yang harus disiapkan untuk memetik itu,” ucapnya.

Inilah tiga aspek yang disampaikan Presiden Jokowi untuk meningkatkan produksi kelapa di Indonesia.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News