Puluhan Massa Demo Minta Penyelewengan Dana Covid-19 di Jember Diusut Tuntas

Kamis, 18 Juli 2024 – 20:10 WIB
Puluhan Massa Demo Minta Penyelewengan Dana Covid-19 di Jember Diusut Tuntas - JPNN.com Jatim
Puluhan massa dari AMAK yang melakukan demo di depan Mapolda Jatim meminta aparat kepolisian mengusut tuntas kasus dugaan penyelewengan anggaran Covid-19 di Jember, Kamis (18/7). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Puluhan massa melakukan aksi damai di depan Polda Jatim pada Kamis (18/7). Massa yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Anti-Korupsi (AMAK) Jatim itu meminta Kapolda dan Kajati Jatim mengusut dugaan penyelewengan dana anggaran Covid-19 di Jember.

Dugaan penyelewengan itu terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menilai anggaran senilai Rp107 miliar tak dapat dipertanggungjawabkan dan ada dugaan korupsi dilakukan Bupati Jember dan jajarannya.

Koordinator Aksi M Affandi mengatakan berdasarkan laporan BPK yang dipublikasikan, ditemukan anggaran tersebut tak bisa dipertanggungjawabkan. 

Hal itu membuatnya kecewa lantaran selama pandemi Covid-19 anggaran miliaran rupiah yang seharusnya untuk kesejahteraan dan kesehatan masyarakat malah disalahgunakan.

"Ini jelas ada potensi korupsi. Kami minta aparat penegak hukum menindaklanjuti secara serius kasus ini dan memeriksa keterlibatan Bupati Jember dalam penyelewengan anggaran ini," ujar Affandi.

Dia pun meminta Polda dan Kejati Jatim mengusut tuntas keterlibatan Bupati Jember yang menjabat kala itu dalam penyelewengan anggaran Covid-19.

Affandi juga meminta aparat penegak hukum harus memastikan dan menindak tegas hingga setiap rupiah dari anggaran ini dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan masyarakat. 

"Masyarakat berhak untuk mendapatkan layanan kesehatan dan bantuan sosial yang layak.Tindakan ini jelas tidak bermoral dan tidak manusiawi,” ucapnya.

AMAK meminta aparat mengusut tuntas dugaan penyelewengan dana Covid-19 di Jember.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News