Go International, Musik Tradisi Tarawangsa Tur ke Tiga Panggung di Eropa

Selasa, 09 Juli 2024 – 09:04 WIB
Go International, Musik Tradisi Tarawangsa Tur ke Tiga Panggung di Eropa - JPNN.com Jatim
Grup Seni Tarawangsa Pusaka Sunda Lugina saat manggung di festival musik bergengsi di Eropa. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, DENMARK - Grup Seni Tarawangsa Pusaka Sunda Lugina dari Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat sukses membawa kesenian itu ke tiga panggung internasional di Eropa.

Penampilan dari grup Pusaka Sunda Lugina itu menjadi pertunjukan seni Tarawangsa secara penuh dengan tata cara adat seni ritual pertama kali yang dipentaskan di luar negeri.

Pemimpin Grup Seni Tarawangsa Pusaka Lugina mengungkapkan rasa bangga karena berhasil mengangkat seni tradisi Rancakalong ke panggung bergengsi.

“Ini adalah momen bersejarah bagi kami untuk dapat membawa musik tradisi ke pentas dunia,” ujar Kang Pupung Supena tertulis, Selasa (9/7).

Grup seni itu diundang mewakili Indonesia tampil di Festival Musik Roskilde 2024 Denmark yang merupakan festival terbesar di Eropa dengan 130 ribu pengunjung pada Sabtu (6/7).

Setelah itu melanjutkan tur dengan tampil di Rudolstadt Festival di Jerman pada Minggu (7/7). Acara itu dihadiri seniman dari 30 negara sebagai bagian dari rangkaian pesta musim panas.

Kemudian tur ditutup dengan penampilan di Copenhagen Jazz Festival pada Senin (8/7). Acara itu merupakan jazz terbesar dan paling bergengsi di Eropa.

"Di sana, Sunda Lugina berkolaborasi dengan musisi Denmark seperti Snoleoparden, Lotte Anker, Kresten Osgood, dan Aske Krammer," katanya.

Tarawangsa go international dengan tur ke tiga panggung dalam musik festival bergengsi di Eropa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News