Seleksi O2SN SMK Tingkat Provinsi Dibuka, 42 Peserta Cabor Karate Bersaing

Kamis, 20 Juni 2024 – 19:31 WIB
Seleksi O2SN SMK Tingkat Provinsi Dibuka, 42 Peserta Cabor Karate Bersaing - JPNN.com Jatim
Seleksi tingkat provinsi untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 jenjang SMK di SMKN 6 Surabaya. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim mulai menggelar seleksi tingkat provinsi untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 jenjang SMK, mulai Kamis dan Jumat 20-21 Juni 2024.

Dalam seleksi O2SN tersebut terdapat lima cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, yaitu karate, pencak silat, atletik, renang, dan bulu tangkis.

Adapun untuk cabor karate yang digelar di aula SMKN 6 Surabaya, sebanyak 42 SMK dengan komposisi 23 putri dan 19 putra bertanding mewakili daerah masing-masing.

Technical Delegate (TD) Sensei Alexander Sengko menjelaskan dalam O2SN cabor karate terdapat dua kategori supaya peserta lolos dan memenangkan pertandingan, yaitu kata dan komite.

Sementar itu, untuk pelanggaran yang tidak boleh dilakukan para atlet karate terkait administrasi dan pelanggaran pertandingan.

"Dalam segi administrasi, seperti peserta yang bertanding di tahun 2024 bukan juara O2SN tahun lalu, atau bukan juara nasional, kejuaran resmi, juga bukan atlet PPLP (pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar)," jelas Alexander, Kamis (20/6).

Kemudian untuk pelanggaran teknik bertingkat, yaitu mulai dari kontak berlebihan sampai menimbulkan cedera. Pelanggaran itu tidak boleh terjadi dalam O2SN atau karate lainnya karena mengacu pada peraturan World Karate Federation.

Selanjutnya untuk kategori komite, atlet bisa mendapatkan poin apabila pukulannya sesuai sasaran tengah maupun atas mendapatkan satu, tendangan badan dua, tendangan ke arah kepala maksimal tiga poinnya.

"Selama itu tidak menimbulkan cedera lawan poinnya sah, jika atlet terjatuh sendiri atau dijatuhkan kemudian lawan melakukan serangan, poinnya maksimal," bebernya.

Sebanyak 42 peserta cabang olahraga karate bersaing dalam O2SN SMK tingkat provinsi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News