Tahap 1 PPDB Jatim Catat 104.937 Calon Peserta Didik Baru Lakukan Pendaftaran

Kamis, 13 Juni 2024 – 14:08 WIB
Tahap 1 PPDB Jatim Catat 104.937 Calon Peserta Didik Baru Lakukan Pendaftaran - JPNN.com Jatim
Seorang warga saat mengakses informasi terkait PPDB SMA/SMK dan SLB Jatim 2024. ANTARA/Taufik

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim mencatat 104.937 calon peserta didik baru mendaftar pada jalur afirmasi, prestasi lomba, dan perpindahan tugas orang tua dalam tahap 1 PPDB SMA/SMK.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Pendidikan Jatim Mustakim memerinci dari 104.937 pendaftar terdiri dari 75.479 jalur afirmasi, 24.439 jalur prestasi, dan 5.019 jalur perpindahan tugas orang tua.

Berkas pendaftaran yang sudah dimasukkan calon peserta didik baru, akan diverifikasi sekolah. Pihak sekolah juga menyiapkan tim survei mengecek status afirmasi.

“Kami tidak ada banding. Bekal kami di pengecekan berkas. Untuk afirmasi kami cek bukti keikutsertaan calon peserta didik baru dari keluarga ekonomi tidak mampu yang dikeluarkan pemerintah daerah, yaitu Dinsos, kartu PIP atau PKH. Selain itu, akan ada survei dari masing-masing sekolah," ujar Mustakim, Rabu (12/6).

Dia menjelaskan untuk jalur afirmasi meliputi keluarga tidak mampu, siswa ADEM (afirmasi sekolah menengah), anak buruh, dan penyandang disabilitas terakomodir dalam 15 persen kuota.

Kemudian pindah tugas orang tua termasuk anak guru, disediakan kuota lima persen. Prestasi hasil lomba (baik lomba akademik maupun nonakademik, termasuk golden ticket hafiz Al-Qur’an dan ketua OSIS terakomodir lima persen.

Hasil pada tahap satu itu nantinya akan diumumkan pada Jumat (14/6) 2024. Pada pendaftaran tahap satu, calon peserta didik baru hanya memilih satu SMA atau SMK.

Untuk tahapan jalur PPDB lainnya, seperti prestasi akademik SMA atau pun zonasi SMA, CPDB dapat memilih paling banyak tiga sekolah, dengan ketentuan paling banyak tiga sekolah di wilayah dalam zonasi, atau paling banyak dua sekolah di wilayah dalam zonasi dan paling banyak satu sekolah di wilayah luar zonasi yang berbatasan.

Sebanyak 104.937 calon peserta didik baru mendaftar dalam PPDB Jatim SMA/SMK tahap satu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News