Progres Perbaikan Saluran Air di Perkampungan Surabaya Capai 75 Persen

Sabtu, 18 Mei 2024 – 19:47 WIB
Progres Perbaikan Saluran Air di Perkampungan Surabaya Capai 75 Persen - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mengecek pekerjaan saluran air. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan proyek perbaikan jalan dan saluran air di perkampungan mencapai 75 persen. Perbaikan saluran itu merupakan bagian dari kerja sistematis Pemkot Surabaya mengatasi banjir atau genangan di Kota Pahlawan.

Meskipun sudah mencapai 75 persen, pihaknya terus melakukan pengecekan di seluruh lapangan. Tujuannya, agar penanganan banjir atau genangan di Surabaya berjalan optimal dan berdampak secara berkepanjangan.

“Banyak yang saya cek, seperti tadi di Jambangan Gang VII dan Gang IV, saya minta ada rumah pompa di sana. Di Gang VII saya ingin dibuatkan lagi saluran di satu sisi yang lebih besar karena di sana ada cekungan,” kata Eri saat ngantor di Kelurahan Jambangan, Jumat (17/5).

Rencananya, Eri ingin mengatasi cekungan jalan di Gang VII Kelurahan Jambangan dengan memasang box culvert berukuran lebih lebar sekitar 60-80 centimeter.

“Saya minta untuk pasang, terus nanti yang masuk di gang-gang itu enggak boleh lagi menjadi beban dari yang di jalan raya. Jadi, Insyaallah nanti yang ketika hujan di November-Desember berikutnya (banjir atau genangan) bisa teratasi,” ujarnya.

Setelah seluruh saluran di wilayah Kelurahan Jambangan selesai dikerjakan, air akan dialirkan (crossing) menuju ke arah rumah pompa Kebonsari.

Adanya crossing tersebut harapannya saluran air di Taman Jangkar tidak terlalu terbebani debit air ketika terjadi hujan deras.

“Kalau Taman Jangkar itu bebannya terlalu berat maka (air) masuknya ke saluran Wonorejo. Nah, Ketintang dan Wonocolo bisa banjir. Maka dari itu, kami potong-potong dan tinggal mengarahkan aliran airnya,” tuturnya. (mcr23/jpnn)

Ngantor di Kelurahan Jambangan, Wali Kota Eri ungkap progres perbaikan saluran air di perkampungan capai 75 persen

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News