Pacitan Dilanda Gempa Magnitudo 5.0, Getaran Terasa Sampai Bantul hingga Klaten

Selasa, 07 Mei 2024 – 13:19 WIB
Pacitan Dilanda Gempa Magnitudo 5.0, Getaran Terasa Sampai Bantul hingga Klaten - JPNN.com Jatim
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi pusat gempabumi berlokasi 65 km ke arah Selatan Kota Pacitan Selasa (7/5) pukul 10.39 WIB. Foto: BMKG

jatim.jpnn.com, PACITAN - Kabupaten Pacitan dilanda gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 berlokasi 65 kilometer arah selatan pada Selasa (7/5) sekitar pukul 10.39 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi pada kedalaman 50 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi dirasakan di beberapa daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Yogyakarta, seperti di Bantul, Wonogiri, Trenggalek, Blitar, Tulungagung, Malang, Nganjuk, Sukoharjo, dan Klaten.

Gempa yang dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI, yakni getaran dirasakan di dalam rumah seakan-akan truk berlalu. Tak hanya itu, getaran juga dirasakan karena adanya benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Meski demikian, hingga pukul 10.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya gempa susulan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” kata Daryono melalui keterangan resminya.

Kemudian, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Pacitan dilanda gempa berkekuatan magnitudo 5.0 di kedalaman 50 kilometer, tetapi tidak berpotensi tsunami.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News