Jadi Destinasi Wisata Favorit Lebaran, Telaga Sarangan Dikunjungi 23 Ribu Wisatawan

Senin, 15 April 2024 – 10:35 WIB
Jadi Destinasi Wisata Favorit Lebaran, Telaga Sarangan Dikunjungi 23 Ribu Wisatawan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pengunjung menaiki speedboat mengelilingi Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Rabu (1/1/2020). ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan mencatat kunjungan wisatawan di kawasan Telaga Sarangan lereng Gunung Lawu mencapai 23.911 orang pada libur Lebaran 2024 atau Sabtu (13/4).

Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata Disbudpar Magetan Eka Radityo mengatakan Telaga sarangan menjadi destinasi wisata favorit dan andalan terlihat dari kunjungan wisatawan yang tinggi pada libur Lebaran kali ini.

"Kami memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan akan terus bertambah hingga Minggu (14/4) ini dengan rata-rata jumlah kunjungan sekitar 20 ribu wisatawan," ujar Eka.

Menurutnya, peningkatan kunjungan wisatawan di Telaga Sarangan sudah terjadi sejak libur lebaran. Saat itu, tercatat ada sekitar tiga ribu pengunjung.

Kemudian, meningkat hingga sepuluh ribu pengunjung pada Kamis (11/4). Lalu, melonjak drastis hingga mencapai kisaran 18 ribu hingga 20 ribu wisatawan pada Jumat (12/4) dan Sabtu (13/4).

Untuk menghindari kepadatan dan kemacetan di kawasan wisata Telaga Sarangan, Pemkab Magetan berusaha mengurai dengan meminta wisatawan berkunjung ke tempat wisata lain di sekitarnya di lereng Gunung Lawu yang tak kalah seru.

"Ketika Telaga Sarangan padat, kami arahkan pengunjung untuk sementara mengunjungi tempat wisata lainnya. Seperti Telaga Wahyu, Mojosemi Park, Taman Bunga Refugia, dan Taman Wisata Genilangit," katanya.

Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Raya Sarangan-Tawangmangu yang merupakan jalur alternatif penghubung Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah pada H+3 Lebaran 2024 atau pada hari Minggu (14/4) mulai mengalami kepadatan. Jalur tersebut dipilih pemudik yang ingin kembali atau balik sekaligus mampir berwisata.

Telaga Sarangan menjadi destinasi favorit selama Libur Lebaran 2024 dengan 23 ribu kunjungan wisatawan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News