Ribuan Warga Ikuti Mudik Gratis Pemprov Jatim, Semoga Selamat Sampai Kampung Halaman

Minggu, 07 April 2024 – 16:44 WIB
Ribuan Warga Ikuti Mudik Gratis Pemprov Jatim, Semoga Selamat Sampai Kampung Halaman - JPNN.com Jatim
Seorang bocah melambaikan tangannya dari dalam bus saat digelar program mudik gratis oleh Pemprov Jatim di Surabaya, Minggu (7/4/2023). ANTARA/Hanif Nashrullah.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ribuan warga mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jawa Timur, Minggu (7/4).

"Kami mengapresiasi berbagai pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung program mudik gratis," kata Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono kepada wartawan seusai melepas keberangkatan pemudik di depan Kantor Dishub Jatim, Surabaya.

Para pemudik tersebut terbagi dalam 96 armada bus tujuan ke berbagai daerah kabupaten/kota di wilayah Jatim.

Menurutnya, program mudik gratis yang telah rutin digelar Pemprov Jatim tersebut untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya dari para pemudik yang biasanya mengendarai sepeda motor.

"Sekaligus untuk menekan angka kecelakaan yang menurut data didominasi oleh pengendara sepeda motor," ujarnya.

Pj Gubernur Adhy menandaskan para peserta mudik gratis kali ini bisa membawa sepeda motor yang diangkut menggunakan truk.

"Mudik gratis kali ini motornya diangkut dengan truk kemarin dan hari ini. Orangnya naik bus. Jadi, kebutuhan berkendaraan di kampung halaman dengan sepeda motornya tetap terpenuhi," tuturnya.

Pemprov Jatim mendata jumlah pemudik tahun ini melonjak tinggi sampai 16,2 persen. Dari sekitar 40 juta warga Jatim, orang yang mudik mencapai 31,2 juta orang atau lebih dari tiga perempatnya.

"Bisa jadi salah satunya karena durasi liburan tahun ini lebih panjang sehingga waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak. Tentu perlu ada antisipasi secara umum dan infrastruktur dengan semua kewenangan," ucap Pj Gubernur Adhy. (antara/faz/jpnn)

Dilepas oleh Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono, mudik jatim Pemprov Jatim kembali diminati oleh masyarakat.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News