Menjelang Lebaran Puluhan Petugas KAI Daop 8 Surabaya Dites Narkoba Mendadak

Rabu, 27 Maret 2024 – 23:43 WIB
Menjelang Lebaran Puluhan Petugas KAI Daop 8 Surabaya Dites Narkoba Mendadak - JPNN.com Jatim
Sebanyak 60 pekerja PT KAI Daop 8 Surabaya jalani pemeriksaan tes narkoba mendadak, Rabu (27/3) di 2 tempat, yakni Kantor Daop 8 Surabaya dan Stasiun Malang. Foto: Humas KAI Daop 8

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 60 pekerja PT KAI Daop 8 Surabaya menjalani pemeriksaan tes narkoba mendadak, Rabu (27/3) di dua tempat, yakni Kantor Daop 8 Surabaya dan Stasiun Malang.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan kegiatan ini di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan sebelum memulai kedinasan serta melibatkan BNN Kota Surabaya.

“Tujuannya, memberikan jaminan keamanan dan keselamatan saat mengantar para pelanggan hingga sampai di tujuan pada masa Angkutan Lebaran 2024,” ujar Luqman.

Dia mengungkapkan terdapat enam parameter yang digunakan pada alat tes urine secara acak untuk mengetahui sejumlah kandungan obat obatan terlarang.

Di antaranya mphetamine (AMP), Morphine/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Cocaine (COC) Methamphetamine (MET) dan Benzoidazepine (BZD).

“Apabila petugas dinyatakan positif, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam, apakah memang akibat dari penyalahgunaan narkotika atau efek dari obat resep dokter yang dikonsumsi,” tuturnya.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Luqman, seluruh pekerja memiliki hasil negatif pada alat tes urine sehingga menjadi bukti bahwa para pekerja KAI Daop 8 Surabaya bebas dari penyalahgunaan narkotika. 

Disisi lain Luqman juga menambahkan para peserta juga menerima tentang materi sosialisasi yang diberikan oleh BNN tentang bahaya dan akibat yang timbul akibat penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat terlarang (NAPZA).

Berikan kepastian soal keamanan, PT KAI Daop 8 gelar tes narkoban dadakan, hasilnya negatif
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News