Detik-Detik Ibu Asal Bangkalan Melahirkan di Dalam Bus Saat Perjalanan Mudik

Rabu, 27 Maret 2024 – 23:16 WIB
Detik-Detik Ibu Asal Bangkalan Melahirkan di Dalam Bus Saat Perjalanan Mudik  - JPNN.com Jatim
Petugas medis dari Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Madiun membantu persalinan seorang ibu di dalam bus yang di ruas tol Ngawi Kertosono. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, MADIUN - Peristiwa menengangkan serta mengaharukan terjadi saat seorang ibu bernama Fadilah (22) terpaksa melahirkan anaknya di dalam bus saat mudik ke kampungnya di Bangkalan.

Peristiwa itu terjadi saat bus melaju di jalur Tol Ngawi Kertosono di Madiun, Minggu (24/3).

Proses lahiran itu direkam dan dibagikan di media sosial. Dalam video amatir tersebut, dua tenaga medis yang diketahui berasal dari Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Madiun membantu persalinan seorang ibu yang sedang melahirkan di kursi penumpang.

Petugas medis hanya melakukan pemotongan tali pusar. Tampak bayi yang sudah keluar dari rahim terus menangis. 

Terlihat dalam video bayi berusaha ditenangkan dengan cara diselimuti. Kemudian, salah satu tenaga kesehatan menggendong bayi di bawah lampu terang guna memberikan kehangatan.

Petugas PSC 119 Elvira Indiana menjelaskan sang ibu melahirkan di dalam bus saat perjalanan mudik menuju ke kampung halaman, Bangkalan, Madura.

“Bus jurusan Yogyakarta-Jember, kebetulan melintasi kantor kami. Setelah kondektur bus melihat ada ambulans parkir, sempat kebablasan, bus akhirnya mundur, lalu turun dan lapor kepada petugas jaga,” ujar Elvira, Rabu (27/3).

Dia menyampaikan diketahui kondisi bayi sudah lahir saat bus keluar dari Exit Tol Dumpil Madiun sehingga pihaknya langsung melakukan tindakan persalinan di dalam bus.

Ibu asal Bangkalan tiba-tiba alami kontraksi saat perjalan mudik dengan bus, proses lahiran dramatis
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News