Jawab Tantangan Masa Depan, Kadindik Jatim Minta Guru ABK Kuasai 5 Kompetensi PLB

Selasa, 26 Maret 2024 – 19:27 WIB
Jawab Tantangan Masa Depan, Kadindik Jatim Minta Guru ABK Kuasai 5 Kompetensi PLB - JPNN.com Jatim
Kadindik Jatim Aries Agung Paewai meminta guru ABK menguasai lima kompetensi KLB untuk meningkatkan mutu pendidikan. Foto: Dok. Dindik Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim menggelar Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus bagi 100 guru pendidikan luar biasa (PLB) untuk mendukung pola pembelajaran siswa ABK.

Kepala Dindik Jatim Aries Agung Paewai mengatakan ABK memiliki karakteristik yang menuntut guru SLB memiliki kreativitas tinggi dalam memberikan layanan pendidikan.

“Kebutuhan peserta didik harus terpenuhi agar siswa didik ABK bisa memahami ilmu yang disampaikan dengan baik,” ujar Aries di Hotel Montana Dua Kota Malang, Senin (25/3).

Aries menyebut program prioritas Jatim Cerdas dari Nawa Bhakti Satya menjadi pemicu pendidikan di Jatim, termasuk bagi pendidikan inklusi.

Menurutnya, perubahan dalam sistem pendidikan akan berdampak pada peran guru sebagai tenaga pendidik. Guru dituntut memiliki kompetensi tinggi menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan masa depan.

“Karena itu, kompetensi bagi guru ABK sangat dibutuhkan untuk mengasah keterampilan siswa agar tidak tertinggal dengan siswa reguler lainnya," katanya.

Salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi guru dalam melayani siswa berkebutuhan khusus, yaitu educational competence, kompetensi pembelajaran yang berbasis internet basic skill.

Kedua, competence for technological commercialization. Guru harus memiliki kompetensi yang akan membawa peserta didik punya sikap entrepreneurship dengan teknologi atas hasil karya inovasi siswa.

Kadindik Jatim minta guru ABK menguasai lima kompetensi PLB untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News