UT Surabaya Hadirkan Layanan Salut Tuk Permudah Akses Belajar Mahasiswa di Daerah

Jumat, 25 Oktober 2024 – 20:32 WIB
UT Surabaya Hadirkan Layanan Salut Tuk Permudah Akses Belajar Mahasiswa di Daerah - JPNN.com Jatim
UT Surabaya memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pengurus Salut untuk memberikan pelayanan di daerah-daerah, Jumat (25/10). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Terbuka (UT) Surabaya meluncurkan layanan terbaru untuk memudahkan para mahasiswa belajar jarak jauh.

Inovasi tersebut berupa sentra layanan Universitas Terbuka atau Salut yang berfungsi memperluas jangkauan pendidikan di wilayah Jatim.

Direktur UT Suparti mengatakan layanan itu dibuat untuk menggantikan sistem kelompok belajar (Pokjar) yang sebelumnya sudah berjalan.

“Kalau Pokjar dulu tidak wajib punya sekretariat, tenaga IT, tenaga administrasi, pelayanan di mana saja, tetapi Salut harus punya, alamatnya jelas dan fasilitasnya juga,” kata Suparti, Jumat (25/10).

Menurutnya, layanan baru bernama Salut tersebut ada untuk mendekatkan UT kepada masyarakat. 

Apabila ada mahasiswa atau calon mahasiswa di daerah-daerah tidak perlu jauh-jauh datang ke Surabaya untuk mendapatkan layanan terkait perkuliahan.

"Kami posisi di Surabaya, kalau setiap hari ke sana kan tidak mungkin. Kecuali untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti survei lokasi ujian, monitoring, itu baru kami ke daerah karena yang banyak bergerak di daerah teman-teman di sana. Makanya kami buat ini," jelasnya.

Nah, untuk memaksimalkan pelayanan, Salut tidak hanya memiliki front office, tetapi ruang pertemuan hingga fasilitas berupa komputer dan perlengkapan lainnya.

Layanan Salut hadir untuk mempermudah UT Surabaya menjangkau pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa di daerah-daerah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News