Kadindik Jatim Minta Guru Tingkatkan Kompetensi Tuk Ciptakan Lulusan Siap Kerja

Selasa, 05 Maret 2024 – 16:10 WIB
Kadindik Jatim Minta Guru Tingkatkan Kompetensi Tuk Ciptakan Lulusan Siap Kerja - JPNN.com Jatim
Kadindik Jatim Aries Agung Paewai saat memberikan sambutan dalam Kompetensi Guru Produktif jenjang SMK di Surabaya. Foto: Humas Dindik Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai menyebut guru SMK punya PR untuk mencetak lulusan siap kerja dan berkarakter yang bisa bersaing di pasar global.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya melalui bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menggelar Kompetensi Guru Produktif jenjang SMK selama empat hari pada 4-7 Maret 2024 diikuti 100 guru.

Aries mengatakan sertifikasi kompetensi menjadi modal bagi guru menghadapi tantangan di era digital yang makin kompleks. 

“Mulai integrasi teknologi dalam pembelajaran, penguasaan bahasa asing, peningkatan keterampilan entrepreneur, dan kebudayaan,” jelas Aries, Senin (4/3).

Menurutnya, guru produktif yang profesional tak hanya dibuktikan dengan sertifikasi pendidik dan kompetensi. Namun, harus benar-benar menunjukkan kinerja secara profesional.

“Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan bersertifikat, proses pembelajaran diarahkan agar lulusan tak hanya mencari kerja, tetapi menciptakan lapangan kerja,” tuturnya.

Pemerintah telah menjalankan program Kurikulum Merdeka bagi setiap satuan pendidikan. Kurikulum itu identik dengan pembelajaran yang berpihak pada siswa disebut pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran itu bisa membantu kemampuan adaptif dan interpersonal dalam dunia kerja dan membangun kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Kadindik Jatim mendorong guru SMK memanfaatkan peluang lewat peningkatan kompetensi agar mencetak lulusan siap kerja.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News