Telkom University Buat Inovasi Bantalan Roda Tank Tuk Penguatan Alutsista TNI

Senin, 26 Februari 2024 – 14:37 WIB
Telkom University Buat Inovasi Bantalan Roda Tank Tuk Penguatan Alutsista TNI - JPNN.com Jatim
Inovasi pengganti bantalan roda semi otonom Tank Leopard berbasis Electric Forklift khusus untuk penguatan Alutsista TNI yang dibuat Telkom University yang bekerja sama dengan PT Ansa Solusitama Indonesia dan TNI AD, khususnya Kodam V Brawijaya. Foto: Humas Telkom.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Telkom University Surabaya ikut andil dalam perawatan Alutsista TNI AD dengan mengembangkan alat pengganti bantalan roda semi otonom Tank Leopard berbasis Electric Forklift khusus. 

Pihaknya bekerja sama dengan PT Ansa Solusitama Indonesia dan TNI AD, khususnya Kodam V Brawijaya.

Dosen Teknik Komputer Telkom University Surabaya sekaligus ketua proyek Ardiansyah Al Farouq mengatakan pengembangan alat pengganti bantalan roda semi otonom tidak sekadar perbaikan teknis.

“Ini adalah langkah menuju peningkatan kinerja tank, efisiensi operasional yang lebih baik, peningkatan mobilitas, dan manuverabilitas yang tinggi di berbagai kondisi medan,” 

ujar Ardiansyah tertulis, Senin (26/2).

Dia menjelaskan dengan fokus pada penggunaan teknologi ramah lingkungan, proyek tersebut juga menciptakan kesempatan untuk mengurangi dampak lingkungan dari operasi militer.

Proyek itu tak hanya meningkatkan performa tank, tetapi menawarkan solusi ramah lingkungan. Penggunaan electric forklift menandakan komitmen untuk bergerak menuju teknologi berkelanjutan, mengintegrasikan elemen penting ke dalam pertahanan militer.

royek itu dimulai dengan merancang konsep forklift yang memudahkan penanganan bantalan besar, mengurangi waktu penggantian, dan meminimalkan risiko cedera. Proses berlanjut ke prototipe dan pengajian untuk memvalidasi kinerja forklift.

Telkom University menghadirkan inovasi bantalan roda Tank Leonard untuk penguatan Alutsista TNI.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News