Refleksi Indonesia Damai, Penyair Celurit Emas Gaungkan Nilai Persatuan

Sabtu, 10 Februari 2024 – 21:12 WIB
Refleksi Indonesia Damai, Penyair Celurit Emas Gaungkan Nilai Persatuan - JPNN.com Jatim
Penyair berjuluk Celurit Emas KH D Zawawi (tengah) saat ziarah kebangsaan bertema Refleksi Indonesia Damai di Makam Tokoh Pergerakan RI Dr Soetomo Jalan Bubutan Surabaya, Sabtu (10/2). Foto: Dok. Donna untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Seniman dan budayawan di Jatim menggelar ziarah kebangsaan bertema Refleksi Indonesia Damai di Makam Tokoh Pergerakan RI Dr Soetomo Jalan Bubutan Surabaya, Sabtu (10/2).

Mereka berziarah sekaligus berdoa di makam pahlawan nasional itu sekaligus merefleksikan nilai-nilai perjuangan Dr Soetomo dan cita-cita luhurnya tentang kemerdekaan dan persatuan Indonesia.

Budayawan sekaligus Penyair KH D Zawawi Imron mengatakan digelarnya acara itu melihat situasi terkini terkait masyarakat yang seolah dibenturkan dengan pilihan terkait Pemilu 2024.

Tak sedikit informasi hoaks yang tersebar di media sosial dalam bentuk provokasi, ancaman, dan upaya memecah belah, apalagi menjelang pemungutan suara.

“Saya rasa tak sedikit masyarakat yang lelah atas upaya-upaya kotor itu. Sejatinya, hati nurani terdalam manusia mendambakan kedamaian, ketentraman, dan persatuan. Kami tergerak menyuarakan semangat itu,” ujar Zawawi.

Penyair berjuluk Celurit Emas itu membuat secarik kalimat terkait persatuan yang berisi ‘Dengan hati yang bersih, cinta yang wangi, merah putih berkibar abadi’.

Dia menjelaskan makna dari kalimat itu, yaitu dirinya ingin masyarakat bersatu di tengah segala perbedaan, baik pilihan ras, suku, agama, apapun itu.

“Senantiasalah tebarkan cinta, dan ingatlah, bahwa kita semua bernaung di bawah merah putih," tuturnya.

Penyair Celurit Emas KH D Zawawi gaungkan nilai persatuan dalam ziarah kebangsaan di makam Dr Soetomo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News