Kunjungan Perpusda Ponorogo Turun Drastis Akibat Pengaruh Gawai

Rabu, 31 Januari 2024 – 11:06 WIB
Kunjungan Perpusda Ponorogo Turun Drastis Akibat Pengaruh Gawai - JPNN.com Jatim
Pengunjung membaca buku di Unit Perrpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo, Selasa (30/1). ANTARA/HO-is

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Kunjungan masyarakat ke Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo mengalami penurunan cukup signifikan selama 2022-2023. Hal itu diduga disebabkan dari dampak penggunaan gawai dan internet di daerah setempat.

"Penurunannya lumayan, sekitar 3.000-an orang, yang mengacu data kunjungan tahun 2023 dibanding 2022," kata Kabid Layanan Informasi Perpustakaan dan Layanan Kearsipan Perpusip Ponorogo Agus Sri Wahyuni, Selasa (30/1).

Agus menggambarkan perbandingan kunjungan selama dua tahun terakhir, di man pada 2022 angka kunjungan ke Perpusip Ponorogo mencapai 8.697 orang, sedangkan pada 2023 turun menjadi 5.193 orang.

"Turunnya sekitar 3.504 pengunjung, faktor lain karena kunjungan perpustakaan keliling kita kurangi akibat keterbatasan anggaran," ujarnya.

Pada 2022, setidaknya ada 80 titik yang dikunjungi oleh perpustakaan keliling di wilayah Ponorogo, sedangkan pada 2023 hanya sepuluh titik.

Perpustakaan keliling milik perpusip menyasar ke sejumlah lokasi mulai sekolah, pusat kegiatan masyarakat, hingga kawasan wisata.

Selain faktor perkembangan teknologi informasi, penurunan kunjungan ini dipengaruhi minat baca masyarakat yang juga mengalami penurunan.

Tren ini terlihat dari survei yang dilakukan tim perpusip dimana pada 2022 indeks tingkat kegemaran membaca (TKM) masyarakat Ponorogo ada di angka 58,7, turun 1,3 dibanding indeks TKM pada 2022 yang masih di kisaran 60.

Dampak penggunaan gawai dan internet membuat kunjungan di Perpusda Ponorogo menurun cukup signifikan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News