Nasaga, Anggur dari Nanas & Naga Buatan Dosen PCU Untuk Perjamuan Kudus

Selasa, 30 Januari 2024 – 18:08 WIB
Nasaga, Anggur dari Nanas & Naga Buatan Dosen PCU Untuk Perjamuan Kudus - JPNN.com Jatim
Tjun Han (Hanjaya Siaputra), Dosen Hotel Management PCU saat meracik minuman fermentasi dari buah nanas dan buah naga. Foto: Dok. PCU.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Hotel Management PCU (Petra Christian University) melakukan pengabdian masyarakat bersama jemaah di GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) Sugihwaras, Kediri.

Dosen bernama Hanjaya Siaputra, S.E., M.A., atau kerap disapa Tjun Han itu membuat minuman fermentasi dari buah nanas dan buah naga.

Minuman fermentasi bernama Nasaga (Nanas dan Naga) itu dibuat berawal dari pengalaman dirinya saat mendengar cerita dari Petranesian (sebutan bagi keluarga besar PCU) alumni yang juga menjadi pendeta di gereja tersebut.

“Beliau bercerita daerah Sugihwaras, Kediri menjadi salah satu desa penghasil nanas terbanyak di Jatim, bahkan saking melimpahnya, nanas di sana hampir tidak punya nilai jual,” kata Tjun Han tertulis, Selasa (30/1).

Meski pernah mencoba membuat hasil olahan dari nanas, seperti selai, keripik hingga nastar rupanya upaya masyarakat di sana terpaksa berhenti dan gagal akibat pandemi Covid-19.

Mendengar hal tersebut, Tjun Han pun berinisiatif mengajarkan para jemaah untuk memproduksi minuman fermentasi dari nanas.

“Produk fermentasi olahan dari buah nanas ini biasanya dikenal dengan ‘Tepache’, minuman khas Meksiko. Warnanya cenderung kuning transparan,” ujarnya.

Saat memperkenalkannya di GKJW Sugihwaras, Tjun mendapati para jemaah yang meminta warnanya diubah menjadi merah. Akhirnya ditambahkan buah naga.

Dosen PCU membuat anggur dari fermentasi buah nanas dan naga untuk perjamun kudus.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News