Enam TPS Khusus Narapidana Akan Disiapkan di Lapas Kelas I Surabaya

Sabtu, 27 Januari 2024 – 11:06 WIB
Enam TPS Khusus Narapidana Akan Disiapkan di Lapas Kelas I Surabaya - JPNN.com Jatim
Pelantikan KPPS di lingkungan Lapas Kelas I Surabaya. ANTARA/HO-Kanwilkumham Jatim

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Lapas Kelas I Surabaya di Sidoarjo menyiapkan enam tempat pemungutan suara atau TPS khusus untuk narapidana pada Pemilu 2024.

Kalapas Kelas I Surabaya Jayanta mengatakan enam TPS khusus tersebut akan digunakan untuk memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan atau narapidana yang akan menyalurkan hak suaranya.

"Kami memiliki enam TPS khusus di Lapas Kelas I Surabaya, tentu ini menjadi amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya," kata Jayanta, Jumat (26/1).

Jayanta menyebut sebanyak 42 orang petugas KPPS yang dilantik pada Kamis (25/1) punya peran vital dalam memastikan hak suara narapidana dari lapas yang terletak di Kecamatan Porong, Sidoarjo itu.

"Netralitas merupakan pondasi kunci utama untuk memastikan suksesnya pemilu secara aman dan tentunya luber jurdil," ujarnya.

Lembaganya akan menggelar simulasi pemungutan suara bersama KPU, PPK, dan PPS Kabupaten Sidoarjo agar semua petugas KPPS memahami seluruh proses yang ada.

"Demi kelancaran dan suksesnya pemilu di Lapas Kelas I Surabaya, kami rencanakan untuk menggelar simulasi terlebih dahulu mengingat di Lapas Kelas I Surabaya akan melayani warga binaan yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sementara ini sebanyak 1.181 orang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono mengatakan pihaknya bersama KPU Jatim berkomitmen memberikan bimbingan teknis kepada semua anggota KPPS guna meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Lapas Kelas I Surabaya menyiapkan enam TPS untuk narapidana menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News