Pemkot Madiun Anggarkan Rp1,5 Miliar untuk Pupuk Gratis

Jumat, 26 Januari 2024 – 16:43 WIB
Pemkot Madiun Anggarkan Rp1,5 Miliar untuk Pupuk Gratis - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Sejumlah petani melakukan pemupukan di area persawahan wilayah Kota Madiun, Jatim. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun mengalokasikan dana sebesar Rp1,5 miliar dari APBD setempat untuk bantuan pupuk gratis kepada petani pada tahun ini.

Kepala DKPP Kota Madiun Totok Sugiarto mengatakan bantuan itu diberikan untuk meringankan beban para petani di wilayah setempat agar mereka lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan tanam serta memaksimalkan hasil panen.

Menurut dia, program bantuan pupuk gratis bagi petani tersebut berjalan setiap tahun. Sesuai data, anggaran itu meningkat jika dibandingkan bantuan pupuk untuk 2023 yang mencapai Rp1,3 miliar.

Penggunaan anggaran tersebut juga telah disetujui oleh Wali Kota Madiun Maidi dan segera diproses pada Maret mendatang. Setelah itu, bantuan itu segera diserahkan kepada 1.278 petani padi di Kota Madiun yang tergabung dalam 32 kelompok tani.

"Penyaluran dari pihak ketiga langsung ke kelompok tani. Kelompok tani yang membagikan ke anggota," kata dia.

Sepanjang 2023, luas lahan pertanian padi di Kota Madiun mencapai 786,31 hektare dengan total hasil produksi mencapai 16.771 ton.

"Dengan pemberian bantuan pupuk tersebut diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian di Kota Madiun," ujar Totok.

Selain pupuk gratis dari pemkot, lanjutnya, para petani setempat juga mendapatkan jatah pupuk subsidi dari Kementerian Pertanian yang saat ini sudah dapat ditebus dari distributor. Totalnya mencapai 367,482 ton pupuk Urea dan 184,760 ton NPK.

Selain mendapatkan pupuk gratis dari pemkot, para petani di Kota Madiun juga menerima bantuan serupa dari Kementerian Pertanian.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News