Sabun Rempah Buatan Warga Blitar Terjual Hingga ke Singapura dan Hong Kong

Senin, 22 Januari 2024 – 10:05 WIB
Sabun Rempah Buatan Warga Blitar Terjual Hingga ke Singapura dan Hong Kong - JPNN.com Jatim
Proses pembuatan sabun dari bahan baku alami di Blitar, Jawa Timur. ANTARA/HO-Dok Pri

jatim.jpnn.com, BLITAR - Ibu rumah tangga di Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar Khomsatun membuat sabun berbahan baku alami menggunakan bahan baku rempah-rempah yang baik untuk kesehatan kulit.

Khomsatun mengaku sudah menjalankan usahanya itu sejak 2020. Dia terinspirasi dari banyaknya bahan baku alam yang bisa dimanfaatkan, apalagi bagi tubuh. Hal itu yang melatarbelakangi dirinya membuat sabun.

"Ini awalnya dari keprihatinan saya sendiri. Sebagai pegiat alam merasa tidak punya kontribusi dengan alam. Jadi, saya mulai dari diri sendiri, memakai produk sabun alami ini," kata Khomsatun, Minggu (21/1).

Dia menjelaskan limbah saat pengolahan sabun berbahan baku dari alam itu dipastikan aman, bahkan bisa terurai dengan tanah.

Khomsatun menggunakan bahan-bahan dari beragam bunga seperti kenanga, kemudian kopi. Ada juga campuran susu, VCO dan beragam rempah. Ada juga bahan baku untuk membuat sabun lainnya.

Awalnya, bahan baku sabun diolah dengan mesin pencampur kemudian dicampur dengan bunga atau rempah. Setelah tercampur lalu dimasak dan ditaruh di cetakan. Bahan itu dibiarkan hingga dingin dan siap dipotong.

Sabun tersebut menggunakan bahan alami sehingga baik untuk kesehatan kulit tubuh.

"Pakai sabun alami ini, sabunnya terurai di air yang kotor dan tanah dan bisa jadi pupuk limbahnya. Di kulit juga aman," ujarnya.

Warga Blitar membuat sabun berbahan baku dari rempah dan sudah terjual hingga ke Singapura dan Hong Kong.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News