Tarik Wisatawan, Pemkot Surabaya Revitalisasi Kawasan Wisata Heritage

Selasa, 16 Januari 2024 – 23:47 WIB
Tarik Wisatawan, Pemkot Surabaya Revitalisasi Kawasan Wisata Heritage - JPNN.com Jatim
Pemkot Surabaya lakukam revitalisasi kawasan heritage zona Eropa. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya berencana melakukan penataan dan revitalisasi wisata heritage zona Eropa.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan alternatif wisatawa bagi masyarakat Surabaya maupun luar Surabaya.

Diketahui, kawasan heritage zona Eropa meliputi Taman Sejarah Surabaya, Gedung Internatio, Gedung Cerutu, Pabrik Limun (Siropen), Museum Hoofdbureau, PTPN IX, Pos Bloc Surabaya (Kantor Pos Kebonrojo), Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kasuari, De Javasche Bank, Telkom Garuda, Jembatan Merah Plaza (JMP), Jembatan Merah, Penjara Kalisosok, dan Orlando Es Krim.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah mengungkapkan penataan dimulai dari Taman Sejarah.

“Di Taman Sejarah, proses pengerjaan revitalisasi oleh Disperkim Surabaya. Ada area bermain basket, nanti akan ditambahkan playground, mungkin ditambah F&B, kemudian narasi cerita sejarah tentang kota lama juga akan di tampilkan di sana,” katanya, Selasa (16/1).

Hidayat menjelaskan pada revitalisasi tahap satu ini, beberapa jalan aspal yang menjadi titik strategis itu rencananya akan diubah dan dipasang cobblestone oleh DSDABM Surabaya.

Selain itu, rencananya juga akan di pasang penanda atau identitas bertemakan visualisasi bergaya Eropa. Selanjutnya akan dilakukan perapian vegetasi agar dapat menonjolkan keunikan bagunan lawas gaya Eropa.

“Eropa street furniture akan dimasukkan di sana, misalkan warna, bentuk, dan PJU. Kemudian akan ada perapian vegetasi karena nanti yang akan ditonjolkan adalah keunikan bangunan lawas gaya Eropa,” katanya.

Kawasan heritage zona Eropa di Kota Surabaya dipercantik untuk tarik wisatawan berkunjung.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News