3 Ribu Surat Suara di Kota Kediri Rusak, KPU Tunggu Penggantinya

Selasa, 16 Januari 2024 – 13:32 WIB
3 Ribu Surat Suara di Kota Kediri Rusak, KPU Tunggu Penggantinya - JPNN.com Jatim
Surat suara yang rusak. ANTARA/ HO-KPU Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Ribuan surat suara di Kota Kediri ditemukan rusak. KPU setempat kini masih menunggu kiriman surat suara pengganti dari penyedia.

Anggota KPU Kota Kediri Moch Wahyudi menjelaskan dari satu juta lebih surat suara yang disortir di daerah setempat, sekitar 3 ribu di antaranya rusak.

"Kami sudah laporkan ke penyedia. Jadi, setelah masing-masing surat suara selesai dilakukan sortir, kami langsung lapor," kata Wahyudi, Selasa (16/1).

Dia menjelaskan kerusakan ribuan surat suara itu beragam. Paling banyak, tinta yang tidak jelas. Saat ini, surat suara yang rusak tersebut dikumpulkan di gudang KPU Kota Kediri.

Semua surat suara rusak itu juga didata dan dilaporkan ke KPU RI lewat KPU Provinsi Jawa Timur untuk diteruskan ke penyedia.

Wahyudi menjelaskan sortir dan pelipatan surat suara kini hampir selesai. Saat ini, pihaknya masih mengerjakan proses sortir dan pelipatan surat suara Pilpres 2024. Pelipatan tersebut diperkirakan selesai pada 17 Januari 2024.

Jumlah surat suara yang datang sesuai dengan jumlah pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) ditambah dua persen. Selain itu, akan datang lagi masing-masing surat suara 1.000 lembar untuk mengantisipasi jika terjadi pemungutan suara ulang.

Selanjutnya, tambah Wahyudi, KPU Kota Kediri merakit kotak suara di gudang KPU Kota Kediri dan diprediksi lima hari selesai.

KPU Kota Kediri sudah mengajukan surat suara pengganti ke penyedia dan hingga kini masih menunggu kiriman.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News