Gubernur Khofifah Resmikan Asrama Pulau Mandangin SMAN Taruna Nala Malang

Kamis, 11 Januari 2024 – 19:39 WIB
Gubernur Khofifah Resmikan Asrama Pulau Mandangin SMAN Taruna Nala Malang - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat meresmikan Asrama Pulau Mandangin di SMA Taruna Nala, Kota Malang, Rabu (10/1). Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, MALANG - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan Asrama Pulau Mandangin di SMA Taruna Nala, Kota Malang, Rabu (10/1). Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti serta penekanan tombol sirine pengguntingan melati.

Khofifah berharap asrama itu menjadi tempat sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai ke-Indonesiaan, yang mana asrama itu menjadi wadah membangun mutual understanding, mutual trust, dan mutual respect.

"Asrama itu keberadaannya sangat penting dan mendasar, bukan hanya sebagai tempat istirahat saja, tetapi menjadi sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai ke-Indonesiaan," ujar Khofifah.

Menurutnya, sikap paling memahami dan menghormati satu dengan yang lain menjadi modal besar dalam mempererat rasa persaudaraan dan persatuan, termasuk ketika di asrama para siswa saling mendengar cerita satu sama lain.

"Itu modal besar bagi seorang pemimpin, baik hari ini dan yang akan datang. Pemimpin tidak boleh ego, tidak boleh mengambil keputusan atas dasar like dan dislike, tetapi membutuhkan mutual trust dan respect," tuturnya.

Mantan Mensos itu mengatakan penggemblengan kebangsaan dan kemandirian menjadi penting bagi para siswa di seluruh SMA Taruna yang ada di Jatim.

"Jadi, mereka tidak hanya dapat penggemblengan intelektual. Selama tiga tahun digembleng harapannya ada generasi yang siap memimpin Indonesia pada sektor apapun dengan semangat nasionalisme yang kuat," katanya.

Adapun fasilitas yang terdapat di asrama itu ada ruang lobi, ruang pengasuh, ruang tidur dengan model barak, kamar mandi dengan rasio 1;8 siswa, tempat cuci, setrika, dan jemur pakaian.

Gubernur Jatim berharap asrama baru di SMAN Taruna Nala Malang menjadi wadah Sosialisasi dan Diseminasi ke-Indonesiaan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News