Kunjungan Wisatawan di Tulungagung Naik 200 Persen, Paling Favorit ke Pantai

Jumat, 05 Januari 2024 – 16:11 WIB
Kunjungan Wisatawan di Tulungagung Naik 200 Persen, Paling Favorit ke Pantai - JPNN.com Jatim
Suasana kunjungan wistawan yang melintas di JLS Tulungagung-Trenggalek selama libur Natal dan tahun baru 2024. (ANTARA/Destyan Handri Sujarwoko)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Kunjungan wisatawan ke Tulungagung mengalami kenaikan hingga 200 persen saat Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Yuli Murningsih mengatakan peningkatan kunjungan wisatawan itu dibandingkan hari libur biasa dengan rata-rata kunjungan 10-15 ribu orang per hari.

"Dari tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024,tercatat ada 187 ribu wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Tulungagung," kata Yuli, Jumat (5/1).

Menurutnya, wisata di daerah pesisir atau pantai masih menjadi favorit bagi pengunjung. Hal itu tampak dari statistik kunjungan wisatawan yang lebih banyak berkunjung, terutama di Pantai Genah dan Midodaren yang sedang hits

Pantai Gemah dan Midodaren sedang hits seiring pembukaan jalur lintas selatan menghubungkan Tulungagung-Trenggalek.

Dari catatannya Pantai Gemah dikunjungi setidaknya ada 48 ribu pengunjung, dan puncaknya pada 1 Januari 2024 sebanyak sebelas ribu wisatawan.

Pada hari minggu biasanya pantai ini dikunjungi sekitar lima ribu wisatawan. Posisi kedua ditempati Pantai Midodaren yang tak jauh dari Pantai Gemah.

Pantai Midodaren dikunjungi sebanyak 40 ribu wisatawan, dengan puncaknya tanggal 1 Januari 2024 sebanyak 7.200 wisatawan. Pada hari biasa pantai ini dikunjungi sekitar dua ribu wisatawan.

“Masing-masing objek peningkatan sampai 200-300 persen dibanding hari Minggu biasa," ujarnya.

Pengunjung destinasi wisata di Tulungagung didominasi warga sekitar Kabupaten Tulungagung, seperti Kediri, Blitar, dan Jombang.

Destinasi pantai di Tulungagung terletak di sepanjang jalur lintas selatan (JLS). JLS sudah terhubung antara Kabupaten Tulungagung da Trenggalek.

Kedua wilayah ini mempunyai destinasi wisata pantai andalan yang terletak di sepanjang JLS. (antara/mcr12/jpnn)

Pantai Gemah dan Midodaren menjadi destinasi wisata paling favorit di Tulungagung selama libur Nataru.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News