Polisi Kini Dilengkapi Body Cam, Cegah Penyimpangan dan Permudah Penindakan

Rabu, 20 Desember 2023 – 12:55 WIB
Polisi Kini Dilengkapi Body Cam, Cegah Penyimpangan dan Permudah Penindakan - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto saat memasangkan body cam ke anggota Polrestabes Surabaya, Rabu (20/12). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polrestabes Surabaya menerima 50 unit body cam yang diserahkan langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto, Rabu (20/12). Penyerahan body cam tersebut untuk kesiapan Operasi Lilin Semeru 2023 dan Pam Pilpres 2024.

Body cam merupakan  sistem perekaman audio, video, atau fotografi yang dapat dipakai polisi untuk merekam peristiwa yang melibatkan petugas penegak hukum, dari sudut pandang petugas yang memakainya. 

Alat tersebut hasil dari hibah PT MPU (Mega Pratama Unggul) dan Spintech dengan total nilai Rp1,3 miliar.

Imam menyebut fungsi body cam ini untuk mencegah penyimpangan yang dilakukan anggota polisi dan memudahkan penindakan saat bertugas.

“Harapan kami dengan adanya launching body cam ini bisa bermanfaat untuk petugas di lapangan,” kata Imam.

Dia menjelaskan alat tersebut sangat berguna untuk merekam secara real time di mana posisi anggota itu berada terhadap situasi lapangan saat dihadapi.

“Dengan body cam ini anggota tidak bisa mangkir dari pelaksanaan tugasnya di lapangan, betul-betul terekam dalam kamera yang dikoneksikan dengan command center di Polrestabes Surabaya,” tuturnya.

Body cam tersebut nantinya juga akan dipakai petugas-petugas lain seperti Reserse, Sat Lantas, dan fungsi lainnya.

Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto menyerahkan 50 unit body cam kepada Polrestabes Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News