Arkeolog Identifikasi Denah dan Struktur di Situs Gondang, Temukan Benda Ini

Jumat, 01 Desember 2023 – 10:35 WIB
Arkeolog Identifikasi Denah dan Struktur di Situs Gondang, Temukan Benda Ini - JPNN.com Jatim
Arkeolog mengumpulkan temuan arca pada ekskavasi tahap dua di Situs Gondang, Trenggalek sejak pertengahan November 2023. ANTARA/HO-BPK Wil XI Jatim

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Denah dan struktur candi yang terpendam tanah di Situs Gondang, Kabupaten Trenggalek berhasil diidentifikasi oleh tim arkeologi dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jatim.

Ketua tim ekskavasi BPK Wilayah XI Jatim Moachammad Ichwan mengatakan teridentifikasinya denah dan struktur tersebut setelah melakukan penggalian tahap dua bersama tenaga ahli arkeologi di situs kuno peninggalan abad IX masehi itu sejak 17 November hingga selesai.

"Berdasarkan gambaran denah yang didapat (selama ekskavasi) kami memastikan bahwa candi di Situs Gondang berbentuk persegi dengan ukuran 5,8 meter persegi. Untuk ketinggiannya masih dilakukan identifikasi," ujar Ichwan, Kamis (30/11).

Dalam ekskavasi itu, pihaknya kembali menemukan sejumlah benda purbakala, di antaranya relief terakota dari peninggalan abad IX masehi yang diduga era pra-Majapahit.

Tim arkeologi BPK Jatim juga menemukan tiga relief terakota bergambar wanita, satu buah lingga, balok bata putih, bata merah timbulan segi delapan serta ornamen candi.

Dia menjelaskan temuan pada ekskavasi tahap dua ini menjadi pelengkap pada ekskavasi sebelumnya, di mana telah didapatkan sepuluh arca di lokasi Situs Gondang.

"Kami mendapati adanya komponen-komponen utama pada candi dan beberapa batu andesit. Biasanya batu andesit digunakan untuk ornamen, tangga atau menjadi tangga pintu candi," katanya.

Temuan itu, kata dia, sesuai target ekskavasi tahap dua. Selain benda purbakala yang ditemukan, dalam ekskavasi itu pihaknya melakukan penggalian untuk mencari parawara di Situs Gondang.

Denah dan struktur candi di Situs Gondang teridentifikasi, konon dari peninggalan pra-Majapahit
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News