Perekam Data Penerbangan Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan Ditemukan

Minggu, 19 November 2023 – 11:06 WIB
Perekam Data Penerbangan Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan Ditemukan - JPNN.com Jatim
Warga berada di dekat bangkai pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU yang mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (17/11). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/sgd/tom.

jatim.jpnn.com, MALANG - Perekam data penerbangan dari dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano yang jatuh di Kabupaten Pasuruan ditemukan.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati mengatakan perekam data itu bernama Video Data Recorder (VDR) dan Network Centric Data Cartridge (NCDC).

"Jadi, alat ini sudah bisa didatangkan dan bisa dibawa ke Lanud Abd Saleh. Keduanya (dari dua pesawat) sudah ditemukan," kata Agung, Jumat (17/11).

Dengan ditemukannya perekam data penerbangan dua pesawat Super Tucano itu, diharapkan bisa mendapatkan data awal mengenai apa yang terjadi hingga menyebabkan pesawat itu jatuh.

Menurutnya, dalam perekam data penerbangan itu menyimpan sejumlah data seperti video penerbangan hingga saat terakhir, komunikasi pilot, performa pesawat, kecepatan, ketinggian, data mesin, hingga kondisi terakhir.

Dia memastikan proses investigasi akan dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku oleh Pusat Kelaikan dan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU. Dalam penyelidikan, tim tidak bisa menyimpulkan sebuah peristiwa tanpa data yang lengkap.

"Dalam penyelidikan (kecelakaan) pesawat modern, kami tidak hanya melihat mesin, tetapi ada 5M, yakni orangnya, mesin peralatan, misi, manajemen dan termasuk hal lain seperti kondisi cuaca dan lainnya," ujarnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat, jika memiliki rekaman video pada saat pesawat sedang terbang dan melakukan formasi, untuk bisa disampaikan ke TNI Angkatan Udara. Video tersebut menjadi bagian penting penyelidikan kecelakaan pesawat tersebut.

TNI AU menyatakan perekam data penerbangan pesawat Super Tucano yang jatuh di Pasuruan ditemukan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News