Ganjar Milenial Dorong Kemandirian Usaha Warga Prambon dengan Latihan Menjahit

Selasa, 14 November 2023 – 21:12 WIB
Ganjar Milenial Dorong Kemandirian Usaha Warga Prambon dengan Latihan Menjahit - JPNN.com Jatim
Mak-mak di Desa Prambon saat dilatih menjahit untuk mendorong kemandirian usaha oleh sukarelawan Ganjar Milenial Center. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) bersama Kelompok Kerja Mandiri (KKM) Srikandi Prambon Production memberikan pelatihan menjahit kepada warga di Desa Prambon, Trenggalek, Selasa (14/11)

Para warga di sana diajarkan memahami istilah-istilah menjahit, pengoperasian mesin jahit, jenis-jenis kain, dan membuat pola pakaian serta teknik menjahit dasar.

Koordinator GMC Kabupaten Trenggalek Arika Hafidz mengatakan pelatihan itu diadakan untuk memberikan keterampilan praktis kepada warga agar mereka bisa memulai usaha di bidang jasa jahit.

“Dengan adanya pelatihan ini semoga bisa memberdayakan masyarakat-masyarakat yang ada di Desa Prambon, khususnya dan di Kabupaten Trenggalek pada umumnya,” kata Arika.

Menurut dia, usaha di bidang jahit akan terus bertahan karena masih banyak orang yang mengandalkan usaha jasa jahit untuk kebutuhan pakaian sehari-hari ataupun modifikasi busana.

Terlebih, skill menjahit juga tidak hanya bisa digunakan untuk membuat pakaian. Namun, jahitan lain seperti sprei, sarung bantal, selimut, tas, masker kain, taplak, hingga gorden.

“Dengan skill menjahit, warga di Desa Prambon ini juga bisa menerima orderan dari hajatan-hajatan,” ujarnya.

Dia berharap warga Desa Prambon bisa makin berdaya dan meningkat perekonomiannya. Selain itu merekatkan tali silaturahmi antarwarga desa.

Sukarelawan Ganjar Milenial memberikan pelatihan menjahit kepada warga Desa Prambon, Kabupaten Trenggalek untuk mendorong kemandirian usaha.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News