Rek, Simak Baik-Baik Imbauan Wali Kota Eri Antisipasi Musim DBD

Minggu, 12 November 2023 – 10:05 WIB
Rek, Simak Baik-Baik Imbauan Wali Kota Eri Antisipasi Musim DBD - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Masyarakat Surabaya diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) menyusul adanya risiko penyebarannya saat transisi perubahan iklim.

"3M Plus dilakukan dengan cara menguras dan menyikat bersih bak mandi kolam air minimal satu minggu sekali," kata Wali Kota Surabaya Eri dalam keterangannya, Minggu (12/11).

Eri menerangkan kegiatan 3M dilakukan dengan cara menutup rapat tempat penampungan air, seperti tempayan, tandon, drum dan sebagainya. Warga juga diimbau memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air.

Eri juga mengimbau masyarakat untuk mengganti air vas bunga, tempat minum burung, atau tempat-tempat lainnya yang sejenis setiap satu minggu sekali. Selain itu, memperbaiki saluran dan talang yang tidak lancar atau rusak.

Warga diminta pula agar menutup lubang-lubang pada potongan bambu atau pohon dan sebagainya. Tak lupa, warga diingatkan menaburkan bubuk pembunuh jentik (larvasida), seperti di tempat-tempat yang sulit dikuras atau daerah yang sulit air.

"Memelihara ikan pemakan jentik di kolam, bak-bak penampungan air seperti ikan cupang dan ikan kepala timah," ujarnya.

Wali Kota Eri juga mengimbau masyarakat untuk menggiatkan kembali Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (G1R1J) secara masif dan konsisten.

Upaya lain untuk mencegah DBD ialah dengan melakukan Gebyar PSN DBD di tingkat kecamatan/kelurahan secara rutin setiap minggu sekali.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan panjang lebar imbauan kepada masyarakat khusus untuk mengantisipasi DBD. Simak baik-baik, rek!
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News