Peternak di Bojonegoro Senang Dapat Solusi Pakan Ternak dari Ganjar Creasi

Jumat, 10 November 2023 – 09:34 WIB
Peternak di Bojonegoro Senang Dapat Solusi Pakan Ternak dari Ganjar Creasi - JPNN.com Jatim
Sukarelawan G-Creasi saat memberikan pelatihan dan edukasi budidaya dan pengolahan indigofera sebagao pakan ternak kepada peternak di Bojonegoro. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Generasi Alumni Muda UB, ITS, dan Unair yang tergabung dalam sukarelawan Ganjar Creasi mengadakan pelatihan budidaya dan pengolahan indigofera sebagai pakan ternak berkualitas tinggi.

Pelatihan itu ditujukan kepada peternak dan masyarakat umum di Desa Kedungdowo, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (9/11).

Selama musim kemarau ketersediaan pakan ternak akibat cuaca ekstrem menyulitkan peternak karena mengeluarkan biaya pakan lebih besar. Salah satunya dialami oleh Muhamad Ryan yang tak bisa mencukupi kebutuhan pakan ternaknya.

"Sekarang pakannya sapi butuh rumput sama jerami, kalau kemarau enggak ada air tumbuhan pada kering. Otomatis semau rumput susah dicari, harus ke tempat lain yang agak jauh," ucap Ryan.

Apabila tidak ada sama sekali rumput, Ryan terpaksa membelinya satu pikap minimal Rp200300 ribu digunakan seminggu untuk dua hewan.

Nah, dengan edukasi indigofera yang diberikan oleh Ganjar Creasi, Ryan optimistis bisa memenuhi gizi hewan ternaknya dengan pakan alternatif.

"Saya mendukung kegiatan ini agar para peternak bisa tahu tumbuhan yang bisa dibuat pakan untuk ternaknya," tuturnya.

Indigofera merupakan jenis pakan hijauan dari kelompok leguminosa (polong-polongan) pohon yang memiliki ukuran sedang dan punya daya tahan terhadap kondisi kekeringan sehingga sangat cocok ditanam sebagai alternatif pakan ternak menghadapi musim kemarau.

Peternak di Bojonegoro semringah dapat solusi mengatasi sulitnya mencari pakan ternak saat kemarau oleh Ganjar Creasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News