Listrik Padam, Puluhan Siswa SD di Trenggalek Lakukan ANBK di Hutan

Rabu, 01 November 2023 – 11:06 WIB
Listrik Padam, Puluhan Siswa SD di Trenggalek Lakukan ANBK di Hutan - JPNN.com Jatim
Pelajar menjalani asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di pinggiran Hutan Pinus, Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Trenggalek, Senin (30/10). ANTARA/HO-RA

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Puluhan siswa SD Negeri 2 Dompyong yang berlokasi di pedalaman Kabupaten Trenggalek terpaksa melaksanakan program asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di kawasan hutan pinus. 

Kepala SDN 2 Negeri Dompyong Lilik Ekowati mengatakan listrik padam sejak Minggu (29/10). Hal tersebut terpaksa dilakukan karena terkendala pemadaman listrik dan koneksi jaringan internet (wifi).

“Kami sudah upayakan menggunakan genset. Namun, sinyal wifi menjadi tidak stabil sehingga terpaksa ANBK kami lakukan di pinggiran hutan yang sinyal internetnya bagus,” kata Lilik, Selasa (31/10).

Lokasi hutan pinus yang digunakan para siswa menjalani kegiatan belajar-mengajar (KBM) luar ruang itu berjarak sekitar satu kilometer dari SDN 2 Dompyong.

Cukup jauh, tetapi menurut Lilik, itu menjadi opsi terbaik ketimbang memindahkan lokasi ANBK ke kantor kecamatan Bendungan yang jaraknya lebih jauh.

"Kalau mau pindah ke kecamatan lumayan jauh jangkauan, akhirnya kami memutuskan cari tempat terdekat yang sinyalnya mudah, walaupun lokasinya di luar ruangan,” ujarnya. 

Pelaksanaan ANBK di hutan pinus itu dilaksanakan pada Senin (30/10). Menurutnya, listrik di wilayah itu mengalami pemadaman hingga malam. Saat hendak menggunakan genset, WIFI tak bisa tersambung karena sulit sinyal.

Pihaknya sempat menunggu hingga pukul 07.15 WIB, sebelumnya memutuskan pindah ruangan.

Puluhan siswa SD Negeri 2 Dompyong terpaksa melakukan ANBK di Hutan Pinus akibat listrik padam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News