Ciptakan SDM Siap Kerja dari Lulusan Pesantren, BDI Surabaya & RMI PBNU Gelar Pelatihan

Senin, 23 Oktober 2023 – 16:04 WIB
Ciptakan SDM Siap Kerja dari Lulusan Pesantren, BDI Surabaya & RMI PBNU Gelar Pelatihan - JPNN.com Jatim
Sejumlah peserta sedang mengikuti pelatihan menjahit di Balai Dikat Surabaya yang bekerjasama dengan PBNU RMI. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lulusan pondok Pesantren Darrul Ulum Jombang M Adam tampak antusias mengikuti pelatihan diklat operator jahit komponen yang diselenggarakan Badan Diklat Indonesia (BDI) Surabaya, Senin (23/10).

Kegiatan yang berlangsung selama 13 hari sejak hari ini tersebut diikuti sebanyak 50 santri dan santriwati dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Adam mengatakan tujuannya mengkuti pelatihan itu untuk menambah pengalaman di bidang jahit menjahit.

“Belum pernah sama sekali menjahit, (untuk) tambah pengalaman,” katanya.

Dia datang tidak sendiri, melainkan bersama 12 orang lainnya yang datang dari Sragen, Jawa Tengah.

“Ya harapannya setelah ikut pelatihan bisa langsung kerja. Kalau enggak, ya mungkin bisa buka usaha sendiri,” ujar Adam.

Kepala BDI Surabaya Zya Labiba mengatakan pelatihan itu memang diadakan agar peserta bisa langsung bekerja di tempat yang telah bermitra dengan lembaganya.

“Setelah mengikuti program sertifikasi itu, mereka akan ditempatkan ke industri yang telah bekerja sama dengan kami, yakni di kawasan Magetan dan Sragen,” tutur Zya.

Puluhan lulusan ponpes ikuti pelatihan siap kerja di Badan Diklat Industri Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News