Eri Cahyadi Ajak Pengusaha Ramaiakan Kampung Pecinan Kya-Kya

Kamis, 12 Oktober 2023 – 12:37 WIB
Eri Cahyadi Ajak Pengusaha Ramaiakan Kampung Pecinan Kya-Kya - JPNN.com Jatim
Kawasan wisata Kya-Kya Surabaya. Foto : Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak para pengusaha di wilayah setempat ikut meramaikan Kampung Pecinan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun sebagai destinasi wisata.

"Saya ingin Kya-Kya Kembang Jepun bergerak seperti di Jalan Tunjungan. Setelah Jalan Tunjungan itu saya buka, para pemiliknya merombak menjadi tempat-tempat usaha seperti kafe dan sebagainya. Akhirnya ramai," kata Eri, Kamis (12/10).

Wali Kota Eri ingin memunculkan kawasan Kembang Jepun itu benar-benar menjadi Kampung Pecinan. Untuk mewujudkan itu, pihaknya mengajak kolaborasi dan sinergi bersama seluruh pengusaha yang ada di sekitarnya.

"Jadi, saya minta tolong yang mengecat adalah pemilik bangunan sehingga mengubah wajah kota. Saya juga ingin hilangkan kesan kumuh kawasan Kembang Jepun. Kami akan pasang lampu-lampu di sana yang identik seperti di China, kalau Tunjungan seperti Eropa," ujarnya.

Eri juga meminta setiap pemilik usaha memasang papan nama toko berbahasa Mandarin dan Indonesia agar makin menguatkan identitas Kampung Pecinan. Hal tersebut bertujuan lebih menguatkan kembali identitas kawasan itu.

"Kalau ingin meramaikan Kembang Jepun, daerah pertokoan itu dikasih tulisan Bahasa China dan Indonesia. Sehingga, akan menjadi tempat wisata sendiri dan tidak mati," ucapnya.

Pemkot Surabaya tidak bisa sendiri dalam menggeliatkan destinasi wisata Kampung Pecinan. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan peran serta para pemilik usaha atau pertokoan di wilayah setempat.

"Membangun Surabaya itu butuh gotong-royong karena tidak mungkin pemerintahnya sendiri. Kawasan-kawasan itu ingin kami bangun dengan bantuan para pemilik," tuturnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak pengusaha di kawasan setempat meramaikan wisata kampung pecinan kya-kya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News