2 Kelurahan di Kartoharjo Madiun Kekeringan, Warga Kesulitan Air Bersih

Senin, 09 Oktober 2023 – 15:58 WIB
2 Kelurahan di Kartoharjo Madiun Kekeringan, Warga Kesulitan Air Bersih - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Kota Madiun melakukan pendistribusian air bersih bagi warga Kelurahan Tawangrejo yang kesulitan air karena sumur mereka telah mengering. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Dua kelurahan di Kota Madiun mengalami kekeringan. Bantuan air bersih dari BPBD setempat pun didistribusikan ke sana.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Madiun Sumanto mememerinci dua kelurahan itu ialah Tawangrejo dan Kelun. Keduanya berlokasi di Kecamatan Kartoharjo.

Dia mengakui dua kelurahan itu memang setiap tahunnya kekurangan air bersih. Kondisi tersebut juga diperparah dengan menyusutnya sumber air warga dari sumur sejak sebulan terakhir.

"Karena lingkungannya banyak sawah dan petani juga mengambil air dalam tanah, jadi sumur-sumur warga kalah dengan sibel," katanya, Senin (9/10).

Sumanto menjelaskan di Kelurahan Tawangrejo sementara ini ada 13 kepala keluarga (KK) yang kesulitan air bersih, terutama di RW 4 yang terdampak.

Adapun di Kelurahan Kelun tercatat ada sembilan KK di RW 5 yang mengalami kesulitan air bersih.

Mulai Minggu (7/10), BPBD setempat menyiapkan dua tandon air masing-masing berkapasitas 1.200 liter di lingkungan setempat.

Adapun, 1.200 liter air bersih yang disiapkan BPBD di dalam tandon air, hanya mampu mencukupi kebutuhan warga dalam satu hari.

Kedua kelurahan di Kota Madiun itu dikatakan memang setiap tahunnya mengalami kekeringan jika tiba musim kemarau.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News