Kebakaran Hanguskan 160 Hektare Hutan Taman Nasional Baluran dalam 3 Hari

Kamis, 28 September 2023 – 14:27 WIB
Kebakaran Hanguskan 160 Hektare Hutan Taman Nasional Baluran dalam 3 Hari - JPNN.com Jatim
Terpantau sudah tidak tampak asap karhutla di Gunung Baluran kawasan wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur. Kamis (28/9/2023) ANTARA/HO-Humas Taman Nasional Baluran

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Baluran dalam kurun waktu tiga hari mencapai 160,61 hektare terhitung sejak Senin (25/9) hingga Rabu (27/9).

Kabar itu disampaikan oleh Humas Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono saat dihubungi, Kamis (28/9).

Dia memerinci pada hari pertama dan kedua, luas lahan dan hutan yang terbakar mencapai 88,66 hektar. Hari ketiga, Rabu (27/9), mencapai 71,95 hektare.

Joko mengungkapkan meluasnya kebakaran hutan Gunung Baluran terjadi karena embusan angin sangat kencang sehingga api dengan cepat menjalar.

"Semoga hari ini api bisa dikendalikan," katanya.

Joko pun menyampaikan petugas taman nasional memantau pada pagi ini tidak tampak asap di Gunung Baluran yang menandakan kebakaran hutan dan titik api sudah mulai berkurang.

"Untuk memastikan, pagi tadi, petugas Taman Nasional Baluran dibantu sukarelawan Masyarakat Peduli Api dan mitra taman nasional kembali menyisir titik api," ujarnya.

Sejauh ini, petugas dan dibantu sukarelawan memadamkan api menggunakan peralatan pemadam kebakaran tradisional, yakni gepyok dan jet shooter.

Kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Baluran meluas karena embusan yang sangat kencang beberapa hari belakangan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News