Pentingnya Etika & Legalitas Pengumpulan Data dalam Perkembangan Teknologi Siber

Sabtu, 16 September 2023 – 17:32 WIB
Pentingnya Etika & Legalitas Pengumpulan Data dalam Perkembangan Teknologi Siber - JPNN.com Jatim
Ketua Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik (Sistekin) Untag Surabaya Supangat,M.Kom, PhD, ITIL, Cobit, CLA. Foto: Dok. Pribadi Supangat.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tanggung jawab etik dan kepatuhan hukum adalah hal yang penting dalam perkembangan era teknologi siber.

Perlu dipahami tentang tujuan penerapan etika dalam teknologi siber, seperti menjaga privasi, integritas, kepercayaan dalam penggunaan teknologi siber, dan mendorong adopsi teknologi yang bertanggung jawab.

Pentingnya memahami sebuah etika dan keterampilan dalam proses pengumpulan data pada teknologi siber yang dapat memengaruhi kehidupan.

Terdapat banyak kasus dalam teknologi siber seperti pelanggaran privasi data yang dapat merugikan pengguna. Kemudian pencurian identitas menggunakan data pribadi secara tidak sah, dan penyalahgunaan data oleh perusahaan tanpa persetujuan pengguna.

Mengedepankan etika dalam teknologi siber adalah hal penting. Selain untuk menjaga kerahasiaan data dan mencegah serangan siber, hal tersebut dapat membangun kepercayaan publik.

Pada etika teknologi siber mengusung konsep transparansi. Artinya, menginformasikan pengguna mengenai pengumpulan data, penggunaan, serta penyimpanan data secara jujur dan terbuka.

Etika dalam penggunaan data secara pribadi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, kerahasiaan data, yang berarti menjaga kerahasiaan data informasi pribadi dan menggunakan data sesuai persetujuan pemiliknya.

Kedua, keterbukaan informasi (transparansi), yaitu memberikan informasi yang jelas dan terbuka tentang penggunaan data dan penyimpanan data pribadi. Ketiga, bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan dari penggunaan data pribadi yang tidak etis.

Ketua Prodi Sistekin Untag Surabaya Supangat menyampaikan pentingnya etika dan legalitas pengumpulan data dalam perkembangan teknologi siber.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News