Kenali Gejala Burnout dan Cara Mengatasinya, Simak!

Kamis, 14 September 2023 – 10:35 WIB
Kenali Gejala Burnout dan Cara Mengatasinya, Simak! - JPNN.com Jatim
Dosen Fakultas Psikologi Ubaya Dr Monique Elizabeth Sukamto membagikan tips mengatasi burnout. Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Burnout merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya kelelahan fisik, mental, dan emosi. Kondisi tersebut dapat dialami siapa saja, baik orang yang bekerja di luar rumah maupun ibu rumah tangga.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) Dr Monique Elizabeth Sukamto, S.Psi., M.Si., memberikan penjelasan mengenai gejala burnout serta pertolongan pertama dalam mengatasinya.

Dia menjelaskan gejala awal yang dapat diketahui, yaitu adanya kelelahan yang luar biasa dalam menjalankan peran. Kelelahan itu akibat banyaknya tuntutan yang tak seimbang dengan sumber daya yang dimiliki.

Walhasil, pekerjaan seolah-olah tidak kunjung terselesaikan.

“Biasanya ciri-cirinya kalau bangun pagi rasanya sudah capek. Kemudian cepat lelah secara emosional,” ujar Dr Monique, Kamis (14/9).

Menurut dia, lelah secara emosional membuat seseorang pada akhirnya menjaga jarak emosional terhadap orang-orang di sekitarnya. Hal itu ditandai dengan kurangnya rasa ingin terlibat dan kurang memiliki gairah dalam bekerja.

Pada akhirnya, interaksi terbatas pada aspek fungsional dan mengabaikan aspek emosional sehingga memunculkan rasa ketidakpuasan dalam menjalankan tugas.

Ketua Laboratorium Psikologi Klinis Ubaya itu menyebut ada beberapa cara untuk mengatasi burnout. Pertama, menjalin komunikasi dengan orang yang tepat dan bisa membantu.

Dosen Fakultas Psikologi Ubaya Dr Monique Elizabeth Sukamto membagikan tips mengatasi burnout, simak baik-baik.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News