Juragan 99 Beri Bantuan Perlengkapan & Uang Untuk Penanganan Kebakaran di Bromo

Rabu, 13 September 2023 – 20:12 WIB
Juragan 99 Beri Bantuan Perlengkapan & Uang Untuk Penanganan Kebakaran di Bromo - JPNN.com Jatim
Juragan 99 alias Gilang Widya Pramana saat memberikan bantuan kepada tim dan sukarelawan dalam penanganan karhutla di Gunung Bromo, Rabu (13/9). Foto: Dok. Juragan 99.

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Founder J99 Corp Gilang Widya Pramana bersama timnya menyerahkan bantuan kepada sukarelawan, pemerintah, pengelola, dan masyarakat terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Pria yang akrab disebut Juragan 99 itu mengatakan kebakaran yang terjadi selama sepekan lebih itu menjadi perhatiannya, apalagi kejadian ada di Jawa Timur yang berdekatan dengan kediamannya.

"Saya sendiri secara pribadi bersama keluarga memiliki kedekatan yang erat dengan area ini. Setelah melihat lokasi, ternyata dampaknya sangat parah dan meluas. Ekosistem terganggu, flora dan fauna di sini terdampak juga," ujar Gilang, Rabu (13/9).

Tak hanya itu, masyarakat dan pelaku usaha di kawasan tersebut yang kesehariannya menggantungkan penghasilan pada pariwisata juga terganggu.

"Semua otomatis terdampak dan kami berharap pemadaman bisa segera tuntas, petugas, pemerintah, dan para sukarelawan diberi kekuatan," katanya.

Beberapa titik api memang sudah dipadakan, tetapi pekerjaan para sukarelawan dan petugas yang memadamkan belum rampung. Pendinginan masih dilakukan dengan menggunakan jet sprayer dan siraman air tandon.

"Itu yang saya lihat hari ini, petugas masih bekerja untuk mencegah kebakaran meluas," ucapnya.

Gilang berharap bantuan uang senilai Rp55 juta, 19.200 masker, 4.800 air mineral, dan ratusan perlengkapan keamanan seperti helm, rompi, sepatu, kacamata, dan tabung oksigen bisa membantu dan memudahkan para petugas dalam proses pendinginan.

Juragan 99 berharap pariwisata dan erekonomian di TNBTS bisa segera pulih dan bangkit kembali.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News