Khofifah Beber Kekuatan Jatim Pusat Gravitasi Indonesia Kepada Mahasiswa di Inggris

Minggu, 27 Agustus 2023 – 16:55 WIB
Khofifah Beber Kekuatan Jatim Pusat Gravitasi Indonesia Kepada Mahasiswa di Inggris - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat memberikan kuliah umum pada acara yang bertajuk 21st Indonesian Scholars International Convention di Coates Auditorium, Nottingham University Inggris Raya, Sabtu (26/8).

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan kuliah umum di Coates Auditorium, Nottingham University Inggris Raya, Sabtu (26/8).

Di hadapan ratusan pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Inggris, Khofifah menyebut Jatim sebagai pusat gravitasi Indonesia. 

Alasannya, apa yang terjadi di Jatim bakal berdampak terhadap dinamika ekonomi, sosial, budaya, politik, hankam, dan ketertiban nasional.

“Dinamika yang terjadi di Jatim harus dikelola bersama sebaik mungkin. Sebab, akan berdampak secara nasional," kata Khofifah.

Keberadaan Jatim sebagai pusat gravitasi terjadi sejak era majapahit di awal abad 15 yang kerajaannya berada di Mojokerto. Pengaruhnya menjangkau hingga Malaysia, Brunei, Singapura, serta sebagian Thailand dan Filipina.

“Jatim menjadi hub 20 provinsi di Indonesia Timur dengan total penduduknya lebih dari 120 juta orang karena 27 rute tol laut dari 32 eute di Indonesia start di Pelabuhan Surabaya,” ujarnya.

Menurutnya, Surabaya sebagai salah satu bandara terbesar juga menjadi transit hub menuju IKN.

“Utamanya sebelum Bandara Internasional IKN didirikan, apalagi nama Nusantara merupakan bagian dari Sumpah Palapa yang diikrarkan Patih Gajah Mada di era Kerajaan Majapahit," jelasnya.

Gubernur Khofifah memberikan kuliah umum dengan memaparkan kekuatan Jatim sebagai pusat gravitasi di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News