Gempa M 5,5 yang Melanda Bangkalan Tidak Berpotensi Tsunami

Jumat, 04 Agustus 2023 – 11:36 WIB
Gempa M 5,5 yang Melanda Bangkalan Tidak Berpotensi Tsunami - JPNN.com Jatim
Peta pusat gempa berlokasi di laut magnitudo 5,5 di wilayah timur laut Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (4/8). (ANTARA/HO-BMKG)

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 yang melanda Kabupaten Bangkalan tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi di Bangkalan tidak berpotensi tsunami," kata Daryono tertulis, Jumat (4/8).

Daryono mengatakan sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Namun, getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Gempa bumi berdampak dan dirasakan di daerah Karangkates, Pacitan, Denpasar, dan Kuta," ujarnya.

Hingga pukul 07.42 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Dia mengimbau kepada masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tuturnya.

Selain itu Daryono juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mcr12/jpnn)

Gempa berkekuatan M 5,5 yang melanda Kabupaten Bangkalan tidak berpotensi tsunami.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News