RSUD Soetomo Ungkap Adanya Pendarahan Otak pada Pria Obesitas di Surabaya

Rabu, 02 Agustus 2023 – 20:48 WIB
RSUD Soetomo Ungkap Adanya Pendarahan Otak pada Pria Obesitas di Surabaya - JPNN.com Jatim
Dokter Bedah Syaraf RSUD Dr Soetomo, Dr Irwan Barlian salah satu dokter yang menangani pasien obesitas S (51) yang mengalami pendarahan otak. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - RSUD Dr Soetomo Surabaya mengungkapkan pria obesitas berinisial S (51) mengalami pendarahan cukup dalam pada otak sebelah kanan atau biasa disebut penyakit stroke.

Dokter Bedah Syaraf RSUD Dr Soetomo, Dr Irwan Barlian menjelaskan pendarahan itu masuk ke dalam sistem sirkulasi cairan otak sehingga  terbuntu.

“Akibatnya, ada penumpukan cairan otak yang menyebabkan tekanan tinggi. Itu salah satu yang menyebabkan rendahnya kesadaran. Jadi, sudah terbentuk hidrosepalus,” katanya.

Dr Irwan menjelaskan tindakan yang dilakukan guna mengurangi pendarahan tersebut ialah operasi dengan memasukan selang untuk mengeluarkan cairan otak dan mengurangi tekanan otak.

Menurutnya, pendarahan otak atau penyakit stroke, salah satunya, disebabkan oleh berat badan yang berlebihan atau obesitas.

“Salah satu (faktor)-nya obesitas, tensi tinggi di atas 220, sakit gula tidak terkontrol. Ini kebetulan ada semua pada pasien,” jelasnya.

Setelah dilakukan operasi, kondisi pasien kini belum sadar dan masih ditempatkan di ruang ICU yang dikontrol dengan ventilator.

Sementara itu, pihaknya juga belum melakukan observasi lebih jauh terkait penyakit-penyakit yang diderita pasien lantaran kondisinya yang masih belum sadar.

RSUD Soetomo melakukan operasi pendarahan otak yang dialami oleh pria obesitas di Surabaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News