Ribuan Siswa Lulusan SD di Surabaya Belum Dapat Sekolah

Rabu, 02 Agustus 2023 – 14:31 WIB
Ribuan Siswa Lulusan SD di Surabaya Belum Dapat Sekolah - JPNN.com Jatim
Suasana hearing terkait evaluasi PPDB 2023 antara Dispendik Surabaya dan Komisi D DPRD Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) SMP Surabaya 2023 telah usai. Namun, ternyata masih ada 4.628 siswa lulusan SD yang belum mendapatkan sekolah.

Temuan itu diungkapkan oleh anggota Komisi D DPRD Surabaya Hari Santoso saat melakukan hearing dengan Dispendik Surabaya, Selasa (1/8).

“Masih ada empat ribu lebih siswa yang sampai hari ini belum daftar ke SMP,” kata Hari.

Dia menilai ribuan lulusan SD yang belum terdaftar di SMP itu lantaran Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengurangi jumlah rombongan belajar (rombel) pada tiap SMP negeri.

“PPDB tahun ini, SMPN rata-rata mengurangi rombel yang biasanya 10 kelas, tahun ini jadi 8-9 kelas. Padahal, kelulusan SD tahun ini  mencapai 38.815, tidak lebih kecil dari tahun kemarin,” ujar Hari.

Menurutnya, pengurangan rombel tersebut mengecilkan kesempatan siswa-siswi kategori keluarga miskin (gamis) dan pramiskin (pragamis) untuk masuk SMP negeri.

“Yang jadi masalah lagi ketika sudah tidak mendaftar ke negeri, mendaftarkan ke swasta, tetapi biaya cukup tinggi. Empat ribu lebih siswa yang belum daftar itu mau dikemanakan,” tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya mendorong agar Dispendik Surabaya segera menemukan solusi bagi ribuan lulusan SD yang belum terdaftar di SMP negeri maupun swasta.

PPDB SMP di Surabaya usai, tetapi ada ribuan siswa lulusam SD belum dapat sekolah
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News