Muslimat NU Masifkan Penurunan AKB dengan Beri Bantuan Inkubator & Fototerapi Gratis

Senin, 24 Juli 2023 – 11:06 WIB
Muslimat NU Masifkan Penurunan AKB dengan Beri Bantuan Inkubator & Fototerapi Gratis - JPNN.com Jatim
Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa (kanan) menyerahkan inkubator kepada Muslimat NU di Cirebon, Minggu (23/7). Foto: Dok. Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, CIREBON - Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan inkubator dan fototerapi gratis kepada penerima manfaat melalui Muslimat NU Cabang Cirebon, Minggu (23/7).

Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang memiliki bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Pendopo Kabupaten Cirebon dalam Harlah ke-77 Muslimat NU.

"Alhamdulillah, ini dari Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKM NU) ada inkubator yang bisa untuk membantu saudara-saudara kita yang melayani bayi dengan BBLR," ujar Khofifah.

Dia menjelaskan bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Muslimat NU terhadap upaya penurunan angka kematian bayi (AKB) yang masih perlu perhatian beberapa daerah di Indonesia, di mana program peminjaman inkubator dan fototerapi gratis telah diluncurkan YKM NU sejak pertengahan Februari 2020.

"Program ini akan terus disosialisasikan agar makin banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari bantuan ini dan makin banyak bayi yang dapat ditolong," katanya.

Khofifah menambahkan beberapa hal yang membuat bayi BBLR atau di bawah 2500 gram, antara lain status gizi ibu bayi sebelum dan saat hamil, berat badan ibu saat hamil, usia ibu saat sedang hamil, kondisi kesehatan ibu dan bayi prematur.

"Kalau tumbuh kembangnya terhambat, perkembangan otaknya terhambat nanti juga bisa membuat bayi ini terindikasi stunting," jelasnya.

Selain bantuan inkubator juga dibutuhkan para sukarelawan yang bisa memahami berbagai informasi terkait BBLR dan bayi kuning, sekaligus terkait pentingnya informasi terkait penggunaan inkubator.

Muslimat NU beperan menurunkan angka stunting dengan memberikan bantuan inkubator dan fototerapi gratis di Cirebon.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News