Survei ARCI Capres-Cawapres: Ganjar-Sandiaga Berpeluang Kuasai Jatim

Selasa, 18 Juli 2023 – 19:27 WIB
Survei ARCI Capres-Cawapres: Ganjar-Sandiaga Berpeluang Kuasai Jatim - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Siraijt menunjukkan hasil survei capres-cawapres di Jatim untuk Pilpres 2024, Selasa (18/7). Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting (ARCI) merilis hasil survei simulasi capres-cawapres di Jawa Timur untuk Pilpres 2024. Nama Ganjar Pranowo rupanya unggul ketika dipasangkan dengan Sandiaga Uno.

Direktur ARCI Baihaki Siraijt mengatakan ketika Ganjar dipasangkan dengan Sandiaga maka elektabilitasnya mengungguli dua pasangan lain. Jadi, mereka berdua berpeluang menang di Jatim

“Ganjar-Sandiaga memperoleh suara 36,1 persen, Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 35,6 persen, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 24,9 persen,” kata Baihaki, Selasa (18/7).

Adapun responden yang belum menjawab atau belum menentukan pilihannya sebanyak 3,4 persen. Simulasi elektabilitas capres-cawapres tersebut berdasarkan isu yang berkembang hari ini.

“Gerindra berkoalisi dengan PKB dan potensinya Prabowo-Cak Imin. PDIP dengan PPP, komposisinya Ganjar-Sandi, lalu Koalisi Perubahan yang mulai santer dikabarkan duet Anies-AHY," ujarnya.

Menurutnya, Sandiaga sudah populer di Jatim lantaran pernah mengikuti Pilpres 2019 bersama Prabowo Subianto.

"Sandiaga sudah populer. Apalagi setelah bergabung dengan PPP yang notabene di Jatim banyak pemilih PPP warga NU," jelasnya.

Saat simulasi dua nama capres-cawapres, Ganjar-Sandiaga juga unggul atas pasangan lainnya.

ARCI merilis survei capres-cawapres yang berpeluang kuasai suara di Jawa Timur dalam Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News