Heboh Pupuk Subsidi Palsu, Pemkab Situbondo Kirim Sampel ke UB & Pemprov Jatim

Senin, 26 Juni 2023 – 14:50 WIB
Heboh Pupuk Subsidi Palsu, Pemkab Situbondo Kirim Sampel ke UB & Pemprov Jatim - JPNN.com Jatim
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo bersama KP3 mengecek stok pupuk di Gudang Penyangga Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo. ANTARA/HO-Dispertangan Situbondo

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Kabupaten Situbondo menindaklanjuti kabar seputar pupuk subsidi NPK yang diduga palsu beredar di Kecamatan Bungatan.

Mereka pun membawa sampel pupuk subsidi jenis NPK Phonska ke laboratorium Universitas Brawijaya Malang dan Dinas Pertanian Provinsi Jatim untuk memastikan palsu atau asli.

"Sampel pupuk NPK subsidi dari kios pupuk yang menjual ke petani. Harapan kami agar segera kami pastikan palsu atau tidak" kata Kepala Bidang Penyuluhan Dispertangan Kabupaten Situbondo Muhammad Zaini. Senin (26/6).

Zaini menyampaikan hasil dari uji laboratorium nantinya diserahkan kepada Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Situbondo, sebagai bahan rekomendasi kepada aparat penegak hukum untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dia juga mengimbau apabila hasil uji laboratorium menyatakan pupuk itu benar-benar palsu, maka masyarakat diminta untuk melapor kepada aparat penegak hukum.

Namun demikian, dia memastikan bahwa pupuk subsidi jenis NPK di Situbondo akan didistribusikan pada Juli 2023 dengan edisi terbaru yang izin edar hingga April 2028.

Adapun stok pupuk tersebut mencapai 945 ton yang tersimpan di Gudang Penyangga Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo. (antara/faz/jpnn)

Beberapa saat lalu, isu pupuk palsu beredar di Situbondo. Pemkab setempat pun melakukan langkah sejumlah langkah untuk memastikan.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News