Hutan Jati di Taman Nasional Baluran Terbakar, Daun Kering Diduga Penyebabnya

Senin, 12 Juni 2023 – 10:17 WIB
Hutan Jati di Taman Nasional Baluran Terbakar, Daun Kering Diduga Penyebabnya - JPNN.com Jatim
Kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur. Minggu (11/6). ANTARA/HO-BPBD Situbondo

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo terbakar pada Minggu (11/6) malam. Api dipadamkan petugas selama hampir dua jam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto mengatakan kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu terjadi sekitar pukul 21.30 WIB.

"Kebakaran hutan jati informasi yang kami terima terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, setelah mendapatkan informasi petugas dari BPBD langsung lokasi dan api berhasil dipadamkan pada pukul 21.40 WIB," kata Sruwi.

Dia menjelaskan kebakaran hutan jati di Blok Pengarengan, RPTB Watu Numpuk. Daun jati dan ranting serta semak yang mulai mengering pada musim kemarau tahun ini membuat pai dengan cepat merambat.

"Alhamdulillah, api sudah bisa dipadamkan. Kebakaran hutan ini berasal dari adanya daun jati kering, semak dan rumput yang mulai mengering karena tidak ada hujan," ujarnya.

Menurut dia, kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran diperoleh informasi dari masyarakat, lalu BPBD bersama anggota pemadam kebakaran langsung menuju lokasi.

"Begitu mendapatkan informasi kebakaran, petugas Taman Nasional Baluran bersama pemadam kebakaran SPTNW II sampai di Blok Pengarengan sekitar pukul 21.45 WIB," ucapnya.

Untuk memadamkan kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran itu, pemadaman api dilakukan secara manual menggunakan kepyok dan jet shooter, agar kebakaran tidak merembet ke area lainnya.

Hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo terbakar saat Minggu (11/6) malam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News