Lestarikan Kesenian, Srikandi Ganjar Unjuk Budaya Reog Ponorogo 

Rabu, 31 Mei 2023 – 20:38 WIB
Lestarikan Kesenian, Srikandi Ganjar Unjuk Budaya Reog Ponorogo  - JPNN.com Jatim
Unjuk Budaya Reog Ponorogo yang dilakukan Srikandi Ganjar Jatim bersama Komunitas Sardulo untuk melestarikan kesenian reog. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Sukarelawan Srikandi Ganjar Jawa Timur menggelar Unjuk Budaya Reog Ponorogo bersama Komunitas Sardulo Suryo Putro dan Sardulo Suryo Gati di Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Rabu (31/5).

Koordinator Srikandi Ganjar Jatim Cindy Miftakhul mengatakan tujuan diadakannya kegiatan itu untuk mengedukasi masyarakat, khususnya anak muda tentang budaya reog.

“Reog Ponorogo merupakan kesenian dan tradisi masyarakat setempat yang masih hidup dan bertujuan mempererat tali silaturahmi masyarakat setempat,” ujar Cindy.

Menurut dia, pertunjukan reog kerap ditampilkan dalam berbagai acara, seperti pernikahan, perayaan hari jadi, hingga festival kesenian.

“Kami bersama dua komunitas ini ingin menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya," tuturnya.

Dia menilai, jika budaya seperti ini tak dilestarikan maka bisa mati. Maka dari itu, Srikandi Ganjar Jatim mengajak para milenial belajar dan melestarikan budaya daerahnya yakni Reog Ponorogo.

"Kami percaya dengan mengajak para kaum milenial mengenal budaya akan menimbulkan rasa cinta dan juga menjaga. Budaya ini harus kami lestarikan bersama agar tidak mati walau tergerus zaman," katanya.

Dalam kesempatan itu, mereka turut memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat.

Sukarelawan Ganjar Pranowo dari Srikandi Ganjar Jatim melestarikan kesenian dengan untuk budaya Reog Ponorogo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News