PDAM Surya Sembada Segera Produksi Air Minum Galonan dari Umbulan

Jumat, 26 Mei 2023 – 14:17 WIB
PDAM Surya Sembada Segera Produksi Air Minum Galonan dari Umbulan - JPNN.com Jatim
Dirut PDAM Surya Sembada Arief Wicaksono. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada berencana melebarkan sayap dengan memproduksi air minum dalam kemasan.

Rencananya, air minum dalam kemasan tersebut diisi dari sumber mata air Umbulan, Pasuruan.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Arief Wicaksono mengatakan rencana membuat air minum dalam kemasan ini memang membutuhan proses lebih lama sebab selama ini pihaknya menyediakan air minum melalui sistem perpipaan.

“Kami perlu kajian lebih dalam terkait isu-isu lingkungan bahwa air kemasan itu nanti tidak ada potensi kemasannya menambah beban lingkungan. Karena itu, sudah kami siapkan. Insyaallah, Agustus tahun depan siap produksi,” kata Arief.

Dia menjelaskan sebelum memproduksi air kemasan ada beberapa hal yang perlu diurus, antara lain, soal nomor edar SNI, BPOM.

“Proses kepengurusan BPOM membutuhkan waktu 6  bulan-setahun," tutur Arief.

Pada tahun depan, lanjut dia, pihaknya akan fokus pada produksi air minum dalam kemasan besar berupa galon. Dia memperkirakan kapasitas produksi mencapai 200 ribu galon dalam setahun.

Arief mengatakan sumber mata air Umbulan yang akan digunakan berlokasi di Putat karena ada pipa yang langsung masuk ke reservoir untuk bisa ambil air bakunya.

Tahun depan, PDAM Surya Sembada bakal memproduksi air minum dalam kemasan yang bersumber dari mata air Umbulan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News