Hasil Labfor Keluar, Kombes Budi Beber Penyebab Kebakaran Malang Plaza

Kamis, 18 Mei 2023 – 18:53 WIB
Hasil Labfor Keluar, Kombes Budi Beber Penyebab Kebakaran Malang Plaza - JPNN.com Jatim
Kapolres Malang Kota Kombes Budi Hermanto membeberkan penyebab kebakaran di Malang Plaza. Foto: Dok. Polresta Malang.

jatim.jpnn.com, MALANG - Pemeriksaan Laboratorium Forensik (Labfor) dari Bid Labfor Polda Jatim terkait kebakaran di Malang Plaza telah rampung.

Hasilnya, diketahui penyebab kebakaran berasal dari instalasi kelistrikan yang mengalami hubungan arus pendek sehingga memunculkan percikan api.

Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto mengatakan arus pendek tersebut melelehkan jaringan instalasi kabel listrik di studio 1 gedung bioskop yang berada di lantai tiga Malang Plaza.

“Di lokasi ditemukan kabel instalasi listrik 2x2,5 meter persegi dengan kondisi meleleh dan terputus. Hal itu menunjukkan adanya bekas terbakar dan terjadi kebocoran arus listrik,” ujar Budi, Selasa (16/5).

Budi menyimpulkan lokasi api awal kebakaran berada di dalam gedung bioskop di sekitar panggung layar studio 1. Kemudian dari akumulasi panas akibat kebocoran arus listrik pada jalur instalasi kabel yang bahannya mudah terbakar.

Selain kabel, barang bukti yang diselidiki polisi, yaitu abu arang sisa kebakaran. Setelah diperiksa memakai alat gas chromatography-mass spectrometer (GC-MS), tidak ditemukan adanya zat atau kandungan bahan yang memicu kebakaran.

Kesimpulan sementara, minim jika kebakaran disebabkan faktor dari luar.

"Setelah diperiksa memakai alat GC-MS, abu arang sisa kebakaran tidak mengandung bahan bakar hidrokarbon maupun pelarut yang mudah terbakar," jelasnya.

Kapolres Malang Kota Kombes Budi Hermanto membeberkan penyebab kebakaran di Malang Plaza.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News